Pencarian Berita


Pemda Halsel Sosialisasikan Gejala dan Pencegahan Virus Corona Melalui Puskesmas

Pemda Halsel Sosialisasikan Gejala dan Pencegahan  Virus Corona Melalui Puskesmas

HALMAHERA SELATAN -Menyikapi penyebaran wabah Virus Corona, Pemerintah Daerah Halmahera Selatan melakukan berbagai tindakan antisipasi. Bupati Bahrain Kasuba menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas yang berada di wilayah Halsel agar melakukan sosialisasi terkait gejala dan pencegahan kepada masyarakat.

“ Saat ini sudah diinstruksikan kepada Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas yang berada di Halsel untuk mensosialisasikan bahaya virus corona, termasuk didalamnya gejala dan pencegahannya kepada masyarakat,"kata Bupati, Selasa (28/1)

Virus corona  sendiri pertama kali diidentifikasi pada 31 Desember di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Virus yang menyerang paru-paru ini sudah menyebar luas,  tidak hanya di China tetapi juga sudah menyebar lintas teritorial ke beberapa negara diantaranya, Kanada, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Amerika Serikat, Vietnam, Perancis  (France) dan Australia.

Oleh karena itu, melihat penyebaran virus yang begitu cepat, Bupati juga menugaskan Dinas terkait diantaranya Dinas  Kesehatan, RSUD, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans), dan Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan koordinasi di perusahaan-perusahaan yang berada di Wilayah Halsel.

Sementara itu, Hasnah Muhammad selaku Kepala Dinas Kesehatan saat diwawancarai terkait Tindakan antisipasi wabah virus corona di Halsel, ia mengatakan bahwa mengawali tindakan antisipasi tersebut, Dinkes  melakukan upaya promotif, preventif mengenai gejala dan upaya pencegahan melalui pemasangan Spanduk di berbagai tempat umum seperti Pelabuhan Babang, Pelabuhan Kupal, Bandara Oesman Sadik Labuha serta Pasar.

“Dinas Kesehatan dan Lintas Sektor terkait juga akan melakukan koordinasi dengan perusahan-perusahan  yang ada di Halsel, dan untuk wilayah Obi Insya Allah besok kami akan turun untuk melakukan koordinasi terkait Wabah Virus Corona”tandasnya. (One)