Pencarian Berita


Dikbud Halsel Gelar Sosialilasi Seminar Pendidikan

Dikbud Halsel Gelar Sosialilasi Seminar Pendidikan

HALMAHERA SELATAN -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Selatan menggelar Seminar Pendidikan yang bertajuk "Peran Guru Di Era Milenial Guna Mewujudkan Generasi Emas Pada Revolusi Industri 4.0".

Seminar yang berlangsung pada Rabu malam (8/1/2020) ini, diisi oleh dua narasumber dari Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor, diantaranya Prof. DR. Ing. H. Soewarto Hedienata, Dekan Sekolah Pascasarjana UNPAK dan Prof.  DR. Thamrin Abdullah, M.Pd,  Ketua Program Studi (S3) Manajemen Pendidikan.

Turut hadir dalam seminar Bupati Halsel H. Bahrain Kasuba beserta Istri Hj. Nurlela Muhammad yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Para Asisten, Staff Ahli, Pimpinan SKPD, dan peserta seminar yang terdiri dari Kepala Sekolah serta para guru se-Kab. Halsel.

Bupati H. Bahrain Kasuba dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Guru Besar dari UNPAK Bogor beserta rombongannya.

"Selamat datang di Bumi Saruma, kami merasa bangga atas kehadiran bapak sekalian di daerah kami, dalam rangka memberikan materi pada acara Seminar Pendidikan malam ini", ucapnya.

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan bahwa dengan kondisi geografi Halsel yang memiliki 400 pulau dan tersebar didalamnya 30 Kecamatan dan 249 Desa membuat rentang kendali wilayah Halsel menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara Pendidikan.

" Para penyelenggara pendidikan di Halsel harus mempersiapkan waktu dan tenaga yang maksimal, namun saya yakin dan percaya mereka mampu mengemban tugas negara yakni, mencerdaskan kehidupan bangsa", ungkapnya.

Lanjutnya, peran guru dalam mewujudkan generasi emas di era revolusi Industri ini, sangatlah penting. Berbagai konsep, metode dan penyelenggara pendidikan harus bisa menyesuaikan dengan kecanggihan teknologi Era Milenial.

"Untuk itu saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti seminar ini dengan baik, serta mencermati materi yang disampaikan narasumber dan mengimplementasikannya", tutup Bupati.

Prof. Soewarto saat menyampaikan materinya yang berjudul 'Peran Guru di Era Milenial' mengatakan bahwa orang yang bisa menyesuaikan diri dengan eranya maka ia akan berkembang.

"Di era revolusi industri saat ini para pendidik dituntut untuk berubah, untuk bisa beradaptasi dengan zaman, dan menguasai lebih dulu, teknologoi agar dapat menyesuaikan dengan peserta didik", jelasnya.

Sementara itu, Prof. Thamrin dalam materinya menuturkan bahwa di era ini, anak muda lebih banyak menghabiskan waktu dengan internet dan lebih suka menggunakan teknologi untuk belajar.

"Guru harus bisa secara aktif berkomunikasi dengan peserta didik, profesional
Menguasai bidang studi dan merancang strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran yang sesuai dengan era industri 4.0", tuturnya.

Sebelum penyampaian materi dari Narasumber, dilakukan pula penandatangan MoU antara Sekolah Pascasarjana UNPAK dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Halsel dan Yayasan Bunga Bangsa.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana UNPAK, Prof. DR. Ing H. Soewarto Herdienata, Bupati H. Bahrain Kasuba dan Fasilitator Pelaksana Kelas Kerjasama, Lusi Maya Cantika, SE. MM. (One)