Pencarian Berita


Atalia Ridwan Kamil Jadi Perempuan Inspirasi Indonesia 2019

Atalia Ridwan Kamil Jadi Perempuan Inspirasi Indonesia 2019

JAKARTA -- Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil meraih penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia 2019 di bidang Penggiat Sosial dalam Pameran Nuansa Tanpa Batas di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (2/12/19).

Acara yang mengambil tema ‘Gemilang NTB’ tersebut digagas oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, (IKMA) Kementerian Perindustrian.  

Menurut Atalia, penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus memberikan kontribusi dalam pembangunan dan membawa perubahan. Dia pun menyatakan, perempuan Indonesia, khususnya Jabar, harus berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi, tentu saja, saya bangga dan bahagia. Karena hari ini juga melengkapi bagaimana saya harus terus bekerja keras agar bisa menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan lainnya di Indonesia," kata Atalia.

"Bagaimanapun kita hidup di dalam dunia sosial, kita berkecimpung di dalam kegiatan masyarakat yang berhubung dengan manusia dan perempuan lain. Sehingga, setiap perempuan yang memiliki kelebihan dibandingkan orang lain itu harus mampu menginspirasi," tambahnya.

Atalia pun berpesan kepada seluruh perempuan Indonesia untuk terus menorehkan prestasi sekaligus menggali potensi, bakat, dan keahlian.

"Selain itu kita juga harus menggali diri, banyak belajar dari orang lain supaya kita terus menjadi perempuan yang lebih baik pada kemudian hari,” ucapnya.

"Saya berharap mudah-mudahan ini dapat menginspirasi teman-teman agar dalam kehidupan kita bisa bermanfaat bagi orang lain dengan apapun yang bisa kita lakukan, karena apa yang dilakukan dengan hati akan kembali kepada hati," imbuhnya.

Sebagai sosok perempuan di balik kesuksesan Gubernur Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil sukses menjalankan perannya menjadi istri, dan ibu dari kedua anaknya.

Selain itu, Atalia juga aktif di sejumlah organisasi yang turut mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda)Provinsi Jawa Barat.

Selama menjabat menjadi Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia secara aktif ikut mendorong pengembangan ekonomi keluarga melalui UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) di tingkat rumah tangga.

Disamping UP2K, ada pula program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) dan program Siaran Keliling (Sarling). Persoalan yang menjadi fokus Atalia bersama TP PKK Jabar adalah mengenai gizi buruk atau malnutri yang menjadi salah satu penyebab stunting.

Sementara itu, Ketua IPEMI Ingrid Kansil mengatakan bahwa penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia merupakan bentuk apresiasi IPEMI kepada perempuan Indonesia yang mampu membawa perubahan dan mencetak generasi muda berkualitas.

“Sepanjang sejarah, Indonesia telah melahirkan perempuan-perempuan hebat yang punya andil besar dalam membangun bangsa ini. Mereka adalah tiang bangsa dan tak ada satupun masa berlalu tanpa kehadiran dan kiprah perempuan pejuang,” katanya.

Selain pemberian penghargaan kepada 86 perempuan inspiratif, acara tersebut dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan. Mulai dari peluncuran buku, fashion show, talkshow, lomba kreasi seni, sampai peluncuran kantung ramah lingkungan IPEMI.(hms/nur)