Pencarian Berita


Dinsos Gelar Sosialisasi Dan Launching BPNT

Dinsos Gelar Sosialisasi Dan Launching BPNT

LABUHA - Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Selatan menggelar Sosialisasi dan Launching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Canga Matau Kebun Karet. Senin 2 Desember 2019.

Mewakili Bupati Halmahera Selatan, Asisten II Bidang Administrasi, Chairudin A. Rachman saat membuka acara menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Dinas Sosial yaitu Sosialisasi dan Launching BPNT.

Asisten II berharap kepada warga yang menerima bantuan BPNT tersebut, agar dapat  digunakan sebagaimana mestinya.

“Dan yang menerima bantuan sering-seringlah bertanya, dan kartu bantuan itu jangan sampai hilang,” himbaunya.

Kepala Dinas Sosial, Jusmin Dahlan dalam sambutannya mengatakan bahwa BPNT merupakan Program Sosial dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada keluarga miskin di daerah berupa beras dan telur ayam.

"Nilai bantuan perbulan sebesar Rp 150.000 untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat", ungkapnya.

Senada dengan Asisten II, Kadis Sosial juga mengharapkan agar keluarga penerima manfaat benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut untuk menambah kesejahteraan keluarga dan nantinya diharapkan keluarga tersebut bisa bangkit dari kemiskinan.

"Dengan demikian, secara perlahan-lahan angka kemiskinan di Kabupaten Halsel bisa berkurang", pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Bantuan Sosial, Zaky Abd. Wahab dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 5.562 Kartu Keluarga Sejahtera yang akan dibagikan kepada KPM di Kab. Halsel.

"Untuk penyaluran kartunya baru sampai 10 Kecamatan, dan akan terus dilakukan penyaluran KKS", jelasnya.

Zaky Abd. Wahab juga menuturkan bahwa pada tahun 2019 jumlah BPNT yang di terima oleh setiap KPM sebesar Rp. 110.000/bulan.

"Dan untuk tahun 2020 nominalnya meningkat menjadi seratus lima puluh ribu rupiah per bulan untuk setiap KPM", tuturnya.

Launching BPNT ditandai dengan penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diserahkan langsung oleh As II di dampingi oleh Kadis Sosial, Kepala BAPPEDA, Kabag Ekbang Setda Halsel serta disaksikan oleh peserta sosialisasi yakni Para Camat dan Kepala Desa serta KPM dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosialisasi Kecamatan). (LS/Adv)