Pencarian Berita


Bupati Halsel, Jadi Irup Upacara Sumpah Pemuda Ke 91

Bupati Halsel, Jadi Irup Upacara Sumpah Pemuda Ke 91

LABUHA -- Pemerintah Daerah Halmahera Selatan (Pemda-Halsel) bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Halsel menggelar Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91. Upacara ini berlangsung di Miniatur Istana Negara Kawasan Gelora Bahrain Kasuba. Senin, 28 Oktober 2019.

Hadir dalam  upacara Bupati H. Bahrain Kasuba yang juga selaku Inspektur Upacara, Wakil Bupati Iswan Hasjim, Unsur Forkopimda, Pimpinan SKPD, Ketua dan Pengurus KNPI dan peserta Upacara yang terdiri dari ASN dan Non ASN, Siswa/i tingkat SD, SMP, dan SMA serta anggota Pramuka.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengangkat tema "Bersatu Kita Maju". Upacara ini diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Purna Paskibraka Halsel.

Bupati H. Bahrain Kasuba, saat membacakan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa tema Bersatu Kita Maju  diangkat untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.  

“Tema Bersatu kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju”, ungkapnya.

Bupati juga mengatakan bahwa Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.  

Lanjutnya, pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, perngorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia". Tutupnya.

Upacara yang diawali dengan Pengibar Benderah Merah Putih oleh Pasukan Purna Paskibraka  ini berlangsung Khikmat,  diakhiri dengan pembacaan doa oleh perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Halsel.(LS/adv)