Pencarian Berita


Polda Jabar SP3-kan Kasus TPI Ciparage, Nelayan Undang Audit Independen

Polda Jabar SP3-kan Kasus TPI Ciparage, Nelayan Undang Audit Independen

KARAWANG - Polda Jabar meng- SP3 - kan kasus TPI Koperasi Penangkapan Produksi Laut, Samudra Mulya, Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Karawang, berbuntut panjang. Hal ini, pihak nelayan yang bertindak selaku pelapor, mengundang Tim Audit Independent.
            

Kartono, selaku pelapor yang ditemui pekan lalu di TPI Ciparage, membenarkan sedang dilakukan audit di TPI . Ini dilakukan menyusul di SP3 kannya, laporan dia bersama nelayan atas dugaan penyelewengan dana paceklik sebesar Rp 1,7 Milyar
            

Menurutnya, ini dia lakukan setelah mempertanyakan ke pemeriksa Polda Jabar, sekitar di SP3 kannya kasus yang dilaporkannya. Karena mendapat jawaban, kasusnya tidak bisa dilanjut karena kurang cukup bukti ya akhirnya dia mengundang Tim Audit Indevendent. 
             

Dia menambahkan, mungkin laporan ke bagian krimmum Polda Jabar, hanya sebagai pintu masuk sekitar pengusutan dugaan adanya penyelewengan dana milik KPPI saja. Dan kemungkinan akan menyasar ke dana lain di tubuh Koperasi Penangkapan Produksi Laut Samudra Mulya Desa Ciparagejaya ini.
           

" Bukan dana paceklik saja, kemungkinan keberadaan dana retsibusi yang Rp 5, 4 Milyar juga, bagian dari obyek Tim Audit, guna mengetahui kejelasannya, " kata Kartono.
              

Di tempat terpisah, Kabun, selaku orang yang pernah menjabat manager di Koperasi Penangkapan Produksi Laut Samudra Mulya, Ciparagejaya, menjelaskan, dengan dipanggil dan diperiksa para terlapor oleh pemeriksa dari Polda Jabar, sebenarnya apa dituduhkan clier tidak terbukti.
              

Dalam hal ini, kata Kabun,  pengurus lama KPPL Samudra Mulya, dalam mengelola keuangan sudah sesuai dengan ketentuan.Hal  Ini segala penggunaan uang, sudah disyahkan melalui forum RAT. " Kami sudah diperiksa oleh pemeriksa Polda juga tidak ditemukan menyelewengkan dana dana milik Koperasi Penangkapan Produksi Laut Samudra Mulya, mau apa lagi. " tegas Kabun.(jay)