Pencarian Berita


Mahasiswa Fakultas Farmasi UAD Raih Juara 3 LKTIN di Padang

Mahasiswa Fakultas Farmasi UAD Raih Juara 3 LKTIN di Padang

YOGYAKARTA -- Tim Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kembali meraih prestasi sebagai juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Gebyar Farmasi 2019 yang diselenggarakan Fakultas Farmasi Universitas Andalas. 

Dalam acara yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 Oktober 2019 di Universitas Andalas Padang, tim dari Farmasi UAD Yogyakarta berhasil mengirimkan 2 tim dari total 7 tim yang tampil di babak final.  

Dan, kedua tim tersebut berhasil meraih juara 3 dan juara harapan 1, sedangkan juara 1 dan 2 diraih oleh tim tuan rumah. Tim yang meraih juara 3 beranggotakan Nurbaizura Putri, Riska Safitri dan Danang Wahyu Aji Saputro.

Pada kesempatan itu mereka mengajukan karya tulis dengan judul: Nachajan (Nanoencapsulation Chitosan Cajanus cajan L) penggunaan daun kacang gude sebagai pengobatan antikanker kolorektal di bawah bimbingan dosen Deasy Vanda Pertiwi, M.Sc Apt. 

Banyak ajang LKTIN yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi. "Dan tidak jarang pula tim dari Farmasi UAD mampu meraih prestasi dan berkompetisi dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya," kata Deasy Vanda Pertiwi, M.Sc, Apt, Rabu (30/10/2019).

Dalam karya tulisnya itu, tim memaparkan mengenai inovasi pemanfaatan daun kacang gude sebagai alternatif pengobatan kanker kolon dan rektal.

"Daun kacang gude yang biasanya hanya menjadi limbah atau pakan ternak ternyata mengandung senyawa aktif yang efektif sebagai agen terapi kanker," jelas Nurbaizura Putri.

Ditambahkan Riska Safitri, inovasi itu dilakukan dengan membuat senyawa tersebut dalam bentuk Nanoenkapsulasi dengan kitosan yang berasa dari cangkang udang atau kepiting. 

"Sistem penghantaran obat dengan nanoenkapsulasi ini diharapkan akan meningkatkan efektifitas dari senyawa aktif dalam terapi kanker," jelas Danang Wahyu Aji Saputro. (Affan)