Pencarian Berita


Ratusan Siswa - siswi SMA Negeri 3 Cimahi Mengikuti Orientasi Pramuka

Ratusan Siswa -  siswi SMA Negeri 3 Cimahi Mengikuti Orientasi Pramuka

CIMAHI, -- Ratusan siswa siswi kelas X SMA Negeri 3 cimahi mengikuti kema pramuka di kawasan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, selama dua hari satu malam, mulai hari jumat 6 september  sampai sabtu 7 september 2019.

Kegiatan merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh tiap sekolah berdasarkan peraturan pemerintah nomor 056 tahun 1982 tentang penyelenggaraan kang pamitran, yang mewajibkan pendidikan pramuka bagi sekolah tingkat dasar maupun tingkat menengah.

Menurut Nelly Krisdiyana selaku Kepala Sekolah SMA N 3 Cimahi, kegiatan ini rutin dilakukan di SMA 3 cimahi sesuai dengan aaturan pemerintah.

“Ini kema orientasi kepramukaan, kegiatan ini rutin diadakan tiap tahun, karena berdasarkan peraturan mentri pramuka itu wajib diadakan disekolahan, Ini diikuti oleh kelas x sebanyak 404 orang patia sebanyak 100 orang di sampingi oleh wali kelas dan dua pendamping putra dan dua pendamong putra.” Kata Nelly ditemui di SMA 3 Cimahi, Jumat, 6 September 2019.

Meski diwajibkan, namun Nelly mengaku di Sekoah ia pimpin tidak menjadikan pramuka satu mata pelajaran namun keanggotaan ini wajib, sehingga beberapa minggu siswa kelas X diberi pembekalan pramuka hingga akhirnya puncaknya pada kegiatan kema pramuka.

“Kita tidak menjadikan pramuka itu dijadikan sebagai mata pelajaran yang berkesinambuangan selama satu tahun tapi kita memebrikan pembekalan pada siswa beberapa minggu dan setelah itu diakhiri dengan acara perkemahan ini selama dua hari satu malam.” Ujarnya.

Sesuai dengan petunjuk teknis dan BOS, kegiatan ini menggunakan dana BOS dan siswanya menggunakan dana kas sekolah sma 3 cimahi.

“Kegiatan kema kepramukaan ini sesuai dengan juknis BOS nor 3 tahun 2019 ini bahwa kegiatan kepramukaan bisa didanai denngan dana BOS,” kata Riyan H Firdaus selaku bendahara SMA 3 Cimahi diwaktu yang sama.
Para siswa ini berangkat dari cimahi menuju kawasan cisarua bandung barat dengan menggunakan beberapa truk. Rencananya akan melakukan kema disekitar RSJ Cisarua. (Saifal)