Pencarian Berita


Presentasikan Makalah Ilmiah: 34 Mahasiswa MPMAT UAD Ikuti ICSEH di UPSI Perak Malaysia

Presentasikan Makalah Ilmiah: 34 Mahasiswa MPMAT UAD Ikuti ICSEH di UPSI Perak Malaysia

MALAYSIA -- Sebanyak 34 orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mempresentasikan makalah ilmiah di International Conference on Science, Education and Humanities (ICSEH) yang dilaksanakan di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Perak Malaysia, Jum'at (16/8/2019).

Dalam seminar internasional yang dilaksanakan selama sehari itu, sebanyak 34 orang mahasiswa itu didampingi  Kaprodi Magister Pendidikan Matematika Dr. Suparman, M.Si, DEA, Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Matematika Anggit Prabowo, M.Pd, dosen pendamping Prof Dr Dwi Sulisworo, MT dan Dr Puguh, M.Sc. 

Menurut Dr Suparman, M.Si, DEA, seminar internasional ini merupakan kerjasama antara UAD Yogyakarta dengan UPSI Malaysia dan Universitas Trisakti Jakarta, dengan peserta seminar dari berbagai negara dengan 185 presenter.

Lebih lanjut dikatakan Dr Suparman, M.Si, DEA selaku Kaprodi Magister Pendidikan Matematika UAD, selain mengikuti seminar internasional, mahasiswa Prodi MPMAT Program Pascasarjana UAD Yogyakarta juga ikuti kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14-19 Agustus 2019, di antaranya melakukan students mobility yang dimulai dari city tour di Singapore, Joint Workshop on Scientific Writing di Kolej Universiti Islam Melaka (KUIM) di Melaka, General Lecture di Hatyai University (HU) di Hatyai Thailand, dan berujung city tour di Kuala Lumpur. 

Dipaparkan Dr Suparman, M.Si, DEA, artikel mahasiswa dan dosen yang dipresentasikan dalam kegiatan itu nantinya akan diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi terindek scopus. 

"Dalam kegiatan ini juga melatih kemampuan mahasiswa Magister Pendidikan Matematika dalam mempraktekkan kemampuan bahasa Inggrisnya," terang Dr Suparman, M.Si, DEA, yang menambahkan hal itu juga melatih kepercayaan diri mahasiswa dan menambah wawasan akan globalisasi.

Menurut Dr Suparman, M.Si, DEA, seminar internasional ini juga sebagai bagian dari implementasi nota kesepahaman (memorandum of understanding atau

MoU) antara UAD Yogyakarta dengan KUIM, UPSI, dan HU. 

"Kegiatan ini juga membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tesisnya," kata Suparman, Sabtu (17/8/2019), yang menerangkan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa semester 2.

Bagi Suparman, publikasi di jurnal internasional merupakan salah satu syarat untuk mendaftarkan ujian pendadaran tesis.

Seperti disampaikan salah satu mahasiswa semester 2, Suhendri, dirinya sangat bersyukur dan bangga bisa mengikuti seminar internasional ini. "Selain menambah wawasan, juga memperdalam pengetahuan akan pendidikan matematika dari sudut pandang lebih luas dan multi disiplin ilmu di era revolusi industri 4.0," kata Suhendri.

Hal itu, bagi Suhendri, adalah pengalaman pertama baginya dalam melaksanakan presentasi makalah menggunakan bahasa Inggris di luar negeri. "Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada program studi Magister Pendidikan Matematika UAD yang setiap semester selalu menyelenggarakan student mobility ke luar negeri di Singapura, Malaysia, dan Thailand," kata Suhendri. (Affan)