Pencarian Berita


Mahasiswa Papua Antusias, Menyambut HUT RI ke-74

Mahasiswa Papua Antusias, Menyambut HUT RI ke-74

BANDUNG -- Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 pada tahun ini. Di berbagai pelosok tanah air mulai melangsungkan berbagai kegiatan, tidak terkecuali warga Papua.

Di Bandung Jawa Barat, mahasiswa Papua juga turut menyambut perayaan HUT RI ke-74 dengan memasang bendera di depan tempat mereka tinggal. Tidak hanya memasang bendera, para mahasiswa ini juga turut membantu warga dalam mempercantik lingkungan di kawasan Lengkong Kota Bandung.

Franus Tabuni, salah satu mahasiswa asal Papua mengatakan, dirinya merasa tanpa paksaan dalam melakukan pekerjaan menghias lingkungan masyarakat ini.

“Semua ini tanpa pemaksaan, kami melakukan semua ini, atas dasar kemauan pribadi, selaku warga Negara Indonesia. Apalagi hanya setahun sekali,” kata Franus Tabuni, Rabu, (13/8/19).

Dengan belajar membangun kebersamaan kata Franus, menjadi salah satu pencegahan terhadap aksi-aksi separatisme. Ia menilai giat belajar baik akademik maupun sosial bisa mencegah hal-hal yang dapat memecah belah keutuhan NKRI terutama di Papua.

“Semangat kemerdekaan kita bangun dengan kebersamaan, toleransi dan nasionalisme, Kita sebagai mahasiswa asal  Papua senantiasa meningkatkan prestasi dengan belajar sungguh-sungguh. Menolak adanya aksi aksi separatis yang mengganggu kedamaian di tanah Papua,” lanjut Franus.

Membantu kerja bakti, memasang bendera jelang 17 Agustus 2019 ini  merupakan wujud terimakasih para mahasiswa ini yang telah menikmati kemerdekaan Republik Indonesia.

“Inilah bentuk penghargaan kita sebagai rakyat Indonesia yang dapat telah menikmati hasil kemerdekaan yang sesungguhnya, seperti menjalani kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur dengan aman dan damai,” pungkasnya.

Thamrin, ketua RW setempat mengatakan pihaknya mengajak serta warga setempat untuk menyambut HUT RI ke-74 ini, termasuk anak-anak mahasiswa Papua.

" Kami mengajak seluruh warga RW termasuk mahasiswa yang tinggal atau mengkontrak di RW kami dan allhamdulilah mereka semua sangat rajin dan mau bergotong royong untuk memeriahkan kemerdekan RI ke 74 tahun ini. Saya bangga mahasiswa papua yang seperti semoga menjadi menjadi contoh mahasiswa yang lainnya bahwa pentingnya kerja bakti untuk bisa mengenal warga di lingkungan dan saling silahturahmi antar warga," katanya.

(Saifal)