Pencarian Berita


Wabup Buka Lomba Desa Tingkat Nasional

Wabup Buka Lomba Desa Tingkat Nasional

HALMAHERA SELATAN - Wakil Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Iswan Hasjim membuka dengan resmi Penilaian Lomba Desa Tingkat Nasional oleh Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Regional Wilayah IV yang berlangsung di Desa Tuwokona Kecamatan Bacan Selatan. Selasa, (16/07/19).

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bustamin Soleman, Kadis DP3AKB Aisya Badaruni, Mewakili Dandim 1509 Labuha, Mewakili Kepala Kantor Kementian Agama Halsel, Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Regional Wilayah IV yang terdiri dari Andi Yuliarmiangsyah. AP, M.Si sebagai Ketua Tim beserta anggota Ahmad Banapon, Rukia Tambunan, dan Ikram Edy Nawawi, Kepala Desa Tuwokona, Kaur Perangkat Desa, Ketua Tim Penggerak PKK Desa serta Masyarakat Desa Tuwokona.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Iswan Hasjim menyampaikan walaupun kondisi Halmahera Selatan saat ini di timpa bencana gempa hampir di 249 desa tetapi kita yakin dan percaya dengan kondisi ini tidak menurunkan samangat semua pemangku kepentingan di Halsel untuk bergandengan tangan mengatasi berbagai masalah.

"Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari partisipasi Masyarakat Desa Tuwokona yang mampu menjadi perwakilan bagi semua desa di Kabupaten Halsel. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi Halsel dan khususnya Desa Tuwokona", pungkasnya

Lanjut Wabup, momentum yang cukup langka ini bukan hanya sekedar untuk mengikuti lomba semata tetapi Desa Tuwokona mampu menciptakan kondisi yang maksimal melalui pemerintah desa maupun masyarakat.

"Tentunya ini menjadi bagian terpenting untuk memajukan dan menjadi inspirasi dari seluruh desa yang ada di Halsel sehingga kita akan bisa mewujudkan harapan yang menjadi cita-cita kita bersama.

Pada kesempatan yang sama Andi Yuliarmiangsyah selaku ketua Tim Klarifikasi Lapangan Tingkat Regional Wilayah IV membacakan sambutan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa bahwa berdasarkan ketentuan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Beserta Pedoman Pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2019

"Atas nama Tim Penilai, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran pemerintah daerah provinsi, kabupaten, camat dan desa beserta seluruh masyarakat yang telah berjuang keras melaksanakan perlombaan desa dan kelurahan sehingga Desa Tuwokona sampai pada tahap penilaian klarifikasi lapangan lomba desa/kelurahan tingkat regional wilayah IV", tuturnya

Andi mengatakan pada tahap klarifikasi kali ini tim akan memperdalam penilaian terkait tata kelola pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan serta inisiatif inovasi yang telah dilakukan untuk mendorong pengembangan pelayanan publik, penataan kewilayahan, kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat maupun produk-produk unggulan yang telah dikembangkan di desa atau kelurahan.

"Pada akhirnya apapun hasil penilaian nanti, besar harapan kami desa atau kelurahan yang telah menjadi juara tingkat provinsi ini terus tertata lebih baik lagi dan meningkatkan kinerja pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatannya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat sehingga menjadi contoh dan teladan bagi desa dan kelurahan lainnya", harapnya

Andi juga menghimbau kepada pemerintah daerah agar dapat terus menerus dan berkelanjutan melakukan pembinaan dan pengawasan kepada desa dan kelurahan.

Selanjutnya presentasi Kepala Desa Tuwokona Nursanti Awal tentang Profil Desa Tuwokona.

Acara diakhiri dengan penampilan tarian Lima pantun dan tarian gala. (iwan)