Pencarian Berita


Pemprov. Jabar Rekomendasikan Penguatan Lembaga KPA

Pemprov. Jabar Rekomendasikan Penguatan Lembaga KPA

JABAR -Pemprov. Jabar, seiring dengan peran penting dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), terutama dalam penanggulangan HIV/AIDS di Jabar, saat ini melalui pertemuan koordinasi dengan seluruh Kabupaten/Kota Se-Jabar yang berlangsung beberapa waktu lalu telah merekomendasikan agar kelembagaan KPA diperkuat. Hal ini, diungkapkan, Karo Yanbangsos Setda Jabar, Ida Wahidah.

Menurut Ida, rekomendasi penguatan kelembagaan untuk KPA, meliputi reformulasi kelembagaan KPA, koordinasi KPA lintas sektoral termasuk dengan pihak swasta dan kelompok masyarakat serta pelibatan OPD teknis yang mempunyai penanggulangan HIV/AIDS.

Sejalan dengan rekomendasi penguatan kelembagaan KPA, anggaran untuk penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS juga direkomendasikan untuk ditingkatkan. Peningkatan anggaran tersebut, bisa dialokasikan melalui dana hibah APBD Kota/Kabupaten, penganggaran dana desa serta penggalangan dana swadaya masyarakat dan CSR perusahaan swasta.

Untuk program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, direkomendasikan untuk difokuskan pada sasaran masyarakat dengan usia 15-49 tahun. Dalam pelaksanaannya harus melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama.Khusus ntuk program pencegahan, melalui transmisi seksual dan Harm Reduction pada pengguna narkoba jenis suntik.

Untuk memperkuat kualitas program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, seluruh KPA, diminta melakukan monitoring data penderita HIV/AIDS, melalukan evaluasi atas target penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS serta melakukan kajian akademis tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.(nur)