Pencarian Berita


Wagub Uu Ruhzanul Ulum Membuka Secara Resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105

Wagub Uu Ruhzanul Ulum Membuka Secara Resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105

SUMEDANG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun Anggaran 2019 Wilayah Kodim 0610 Sumedang dipusatkan di Dusun Cijeunjing Desa Padanaan Kecamatan Paseh, selasa (10/7).

Upacara Pembukaan TMMD dengan mengusung tema ”Bersama TMMD Membangun Untuk meningkatkan Kesejahteraan masyarakat” ini dirangkaikan pula dengan Penanaman Pohon dan pencanangan TNI Manunggal KB kesehatan. Upacara pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan kepada perwakilan TNI dan masyarakat untuk digunakan dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ke-105 yang akan dilmulai tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 8 Agustus 2019.

Kegiatan TMMD kurang lebih melibatkan 150 orang personel yang terbagi dalam 4 kelompok yaitu kelompok komando Tim Asistensi/Penyuluh sebanyak 25 orang, Tim kesiapan lapangan 5 orang, Tim Teknis 4 orang dan 1 SSK sebanyak 110 orang dengan melibatkan berbagai unsur TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Sumedang.
 

Adapun untuk sasaran pokok pembangunan fisik TMMD kali ini antara lain pembangunan jalan dan jembatan, TPT, rehab gorong-gorong. Sedangkan untuk sasaran tambahan yaitu pekerjaan bak air bersih, pengerjaan MCK dan Pos kamling. Disamping pembangunan fisik, TMMD juga melaksanakan pembangunan Non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi yang dilaksanakan melalui koordinasi dengan dinas terkait, diantaranya berupa penyuluhan Hukum dan kantibmas, Bahaya Teroris dan radikalisme, Penyuluhan KB Kesehatan, pendidikan, lingkungan dll.
 

Wakil Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi positif kepada Kodam III Siliwangi dan seluruh stakeholder atas penyelenggaraan TMMD. Ia mengharapkan program tersebut semakin memperkuat koordinasi dan kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik.
 

Dikatakan lebih lanjut, Program TMMD merupakan keterpaduan antara TNI dan Pemerintah yang dilaksanakan bersama-sama masyarakat sebagai suatu perwujudan kemanunggalan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. TMMD juga merupakan upaya terobosan percepatan pelaksanaan pembangunan diperdesaan yang diarahkan untuk mendinamisasikan pertumbuhan desa dengan sasaran yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.
 

“Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk membangkitkan kembali dan memperteguh kepercayaan diri masyarakat atas kemampuannya serta melakukan langkah-langkah dalam peningkatan ketersediaan kualitas infrastruktur diperdesaan guna kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan semangat pemerintah untuk membangun indonesia dari pinggiran“ ucapnya.
 

Diakhir sambutannya Wagup menyampaikan beberapa pesan penting kepada seluruh komponen masyarakat untuk bergandengan tangan menyatukan perbedaan menyelaraskan kepentingan untuk bekerjasama menggelorakan nilai luhur bangsa dan bersama membangun desa. Ia pun mengharapkan pelaksanaan TMMD tujuan dan sasaran TMMD yang telah ditetapkan benar-benar dipahami bersama sehingga dapat mencapai hasil yang optimal dan manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat luas khususnya masyarakat yang berada di daerah sasaran.
 

Hadir dalam kesempatan tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Asisten Administrasi, Para Kepala SKPD, Ketua BAZNAS kabupaten Sumedang, Camat, lurah, kepala Desa dan undangan lainnya.(pph/hms/riks)