Pencarian Berita


Harganas Momentum Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Harganas Momentum Tingkatkan Kualitas Kesehatan

JABAR --Kadis Kesehatan Jabar, Berli Hamdani Galung Sakti, dalam kegiatan Japri sebagai kegiatan rutin yang diselenggarakan Biru Humas Pemprov. Jabar, pekan ini bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemprov. Jabar melalui Dinkes Jabar juga didukung oleh stakeholder lain berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Tentunya target kualitas kesehatan yang diharapkan adalah “ kesehatan yang paripurna: yaitu terbentuk masyarakat yang sehat baik fisik maupun psikis. Untuk mendukung terwujudnya masyarakat sehat dari sisi fisik dukungan sarana dan prasarana di semua daerah terus dilanjut.

Program pecegahan dengan menggalakkan PHBS untuk masyarakat terus dilaksanakan. Untuk program ini, Dinkes diantaranya bekerja sama dengan TP PKK. Melalui kerjasama dengan TP PKK, program direalisasikan diantaranya program perbaikan gizi untuk balita serta optimalisasi Pos yandu.

Sementara itu, dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan psikis masyarakat, sambung Belli melalui Dinkes Jabar, untuk penanganan pasien yang menderita gangguan jiwa , telah menargetkan “ Jabar tolak pasung”.

Untuk pengobatan pasien di RSJ, saat ini ada yang dilaksanakan dengan pola pengobatan tak tertutup, dalam arti pasien penderita gangguan jiwa tak lagi ditempatkan di ruang tertutup.

Bagi penderita gangguan jiwa , juga dilakukan pembinaan psikologis, termasuk dalam program ini ada penyuluhan narkoba dan perbaikan gizi. Melalui pembinaan ini, ujar Belli diharapkan penderita gangguan jiwa dapat sembuh dan bisa kembali hidup ke masyarakat dalam keadaan masyarakat.(nur)