Pencarian Berita


Disnakertrans Jabar Siapkan Calon TKI Ke Jepang

Disnakertrans Jabar Siapkan Calon TKI Ke Jepang

BANDUNG --Disnakertrans Jabar, dalam mengimplementasikan program migran juara, pada akhir Juni 2019 ini, sudah mempersiapkan calon TKI untuk diberangkatkan ke Jepang.

untuk tahap awal para calon TKI ini, dilaksanakan pelatihan, ungkap Kadis Nakertrans Jabar, Drs. Ade Afriandi, dalam keterangannya kepada pers pekan ini.

Menurut Ade, para calon TKI yang akan diberikan pelatihan akan diberangkatkan ke Jepang untuk kurun waktu 3 tahun. Diakui pemberangkatan TKI ke luar negeri baru ke Jepang hal ini dikarenakan MoU pemerintah dalam hal ini Kemenakertrans  untuk penempatan TKI baru direalisasikan ke Jepang.

Tentunya kewajiban Pemerintah Provinsi menyiapkan calon TKI melalui proses tahapan seleksi.

untuk akhir Juni 2019, pelatihan angkatan 1,  untuk para calon TKI  berjumlah 20 orang. Para calon TKI ini berasal dari beberapa Kabupaten/Kota di Jabar.

Berdasarkan latar belakang pendidikan para calon TKI ini, 1 orang lulusan D3, SMK 15 orang dan SMA 4 orang. Adapun usia calon TKI berkisar antara 19 sampai 24 orang.

Program magang ini, merupakan dari program perluasan lapangan kerja. Kesinambungan perluasan lapangan kerja tentunya berpeluang terjadi melalui kegiatan ini, karena jika calon TKI ini kembali ke Indonesia setidaknya akan dijadikan instruktur untuk para calon TKI berikutnya yang akan berangkat, pangkas Ade mengakhiri keterangannya.(nur)