Pencarian Berita


Timnas U-15 Gelar Uji Tanding Di Pusdikjas Sebelum Berangkat Ke Protugal

Timnas U-15 Gelar Uji Tanding Di Pusdikjas Sebelum Berangkat Ke Protugal

CIMAHI, -- Sebelum berangkat bertanding di Portugal pada 1 Juli hingga 6 Juli mendatang, timnas sepakbola pelajar U-15 Kemenpora Ri  menggelar uji coba pertandingan dengan Bantul united di lapangan Pusdikjas Cimahi, Sabtu pagi, (15/6/19).


Laga uji coba ini sebagai persiapan Timnas U-15 ini mengikuti laga IBER Cup Turnamen Youth World yang digelar di Estoril Portugal 1-7 Juli 2019 mendatang. Nantinya tim ini akan berangkat pada 25 Juni mendatang dan akan melakukan uji coba tanding dengan timyang lebih tinggi lagi guna menjajal kemampuan tim U-15 ini
"Ini adalah laga uji coba sebelum kami terbang ke Portugal pada 25 Juni 2019. Rencananya akan ada dua sampai tiga kali uji coba dengan tim yang lebih tinggi, termasuk dengan tim internasional di Jakarta," kata Manajer Timnas Sepak bola Pelajar U15 Kemenpora RI, Ray Manurung kepada wartawan seusai laga di Pusdikjas TNI AD, Kota Cimahi, Sabtu (15/6/2019).
Dirinya ingin dengan beberapa uji coba yang dilakukan, skuat Garuda Muda yang terdiri dari 22 pemain ini dapat memantapkan skema permainan. Mengingat para kompetitor nanti di Portugal adalah tim-tim eropa dan dari belahan dunia lainnya, yang memiliki skil tinggi serta gaya bermain bukan hanya berlari tapi juga menguasai ball posession.

"Kami berharap bisa tembus sampai perempat final. Untuk itu setelah melakoni semua laga uji coba pada tanggal 25 Juni, tim akan langsung berangkat supaya bisa adaptasi cuaca lebih lama di Portugal," imbuhnya.

Dalam  pertandingan tersebut timnas berhasil mengalahlkan tim Bantul United dengan skor 2-0,  namun meskipun menang pelatih Timnas Sepakbola Pelajar U15 Kemenpora RI, Aples Gideon Tecuari menyebutkan, Penampilan anak asuhnya belum mencapai performance terbaik karena baru sekitar 60%. Dirinya berpacu dengan waktu untuk terus menggenjot agar kemampuan tim bisa mencapai 100% dan siap bersaing di Portugal.

"Masih ada beberapa hal teknis yang harus dibenahi. Seperti organisasi permainan bagaimana membangun serangan dari belakang sampai ke depan, jadi pemain bukan hanya sekadar mengejar bola dan berlari," ujarnya.

menurutnya, para talenta muda ini diambil dari seleksi Kemenpora melalui Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) kompetisi liga U14 yang diikuti oleh 70.000 anak di seluruh Indonesia. Seleksi dilakukan mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional, dengan melibatkan talent scout. Di IBER Cup Tournamen Youth World U15, Timnas Sepakbola Pelajar U15 Kemenpora RI akan bersaing dengan perwakilan negara dan klub. Seperti Real Madrid, Barcelona, MU, Benfica, Sporting Lisbon, dll. Banyak pemain kelas dunia yang lahir dari kejuaraan ini, salah satunya adalah mega bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Diwaktu yang bersamaan, Komandan Pusdikjas, Kolonel Infanteri, Waris Ari mengaku bangga tempatnya menjadi markas penggemblengan Timnas Sepakbola Pelajar U15 Kemenpora RI. Selama di Pusdikjas Kodiklat TNI AD para pemain terus dipantau dan dievaluasi perkembangannya dari hari ke hari. Selain soal skill kemampuan, juga diberikan pembinaan mental, motivasi, sportivitas, dan kekompakan oleh tim psikologi khusus.

"Kami berharap tim ini bisa mendapatkan hasil maksimal di Portugal dan membawa nama harum Indonesia di kancah internasional," pungkasnya.

Selain akan mengadakan latihan dan uji coba dengan tim yang lebih tinggi lagi, tim ini akan melakukan uji coba dengan tim internasional yang memiliki postur tinggi guna menambah kepercayaan diri para tim ini.

(Saifal)