Pencarian Berita


Pemkab Sleman Adakan Jalan Santai Hari Lahir Pancasila

Pemkab Sleman Adakan Jalan Santai Hari Lahir Pancasila

SLEMAN -- Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik selenggarakan jalan sehat Hari Lahir Pancasila, Jum'at (14/6/2019), di Lapangan Pemda Sleman.

Kegiatan yang diawali dengan senam massal ini dibuka Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo, MSi, yang menyambut baik penyelenggaraan jalan santai tersebut. "Selain untuk memperingati hari lahir Pancasila juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan motivasi pada masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat," kata Sri Purnomo.

Menurut Sri Purnomo, jalan santai merupakan olahraga yang murah. "Namun memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan," kata Sri Purnomo, yang berharap untuk membiasakan olahraga setidaknya 10 ribu langkah per hari.

Terkait dengan Hari Lahir Pancasila, Sri Purnomo menjelaskan, sebagai dasar negara Pancasila yang merupakan ideologi negara dan pandangan hidup bangsa perlu terus digali eksistensinya. 

"Dengan memperingati hari lahir Pancasila kita berupaya merefleksikan dan menggali nilai fundamental bangsa Indonesia sehingga dapat bersatu," papar Sri Purnomo.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman, Hery Dwikuryanto, mengatakan, kegiatan yang diikuti 750 orang peserta dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), kepala desa, mitra kerja, BUMD, siswa SD dan SMP, berjalan sejauh 3 kilometer dengan start dari Lapangan Pemda Sleman ke utara melewati Balai Desa Tridadi, Jalan Magelang ke selatan menuju ke Jalan KRT Pringgodiningrat dan finish di Lapangan Pemda Sleman.

Kegiatan itu juga untuk mensosialisasikan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. “Juga untuk memperkuat komitmen menghidupkan dan menghargai kembali nilai-nilai luhur Pancasila serta proses penerapannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Hery. (Affan)