Pencarian Berita


Cawapres RI, Prof. Dr. KH Ma'ruf Amin Halal Bihalal Bersama Rukun Wargi Sumedang

Cawapres RI, Prof. Dr. KH Ma'ruf Amin Halal Bihalal Bersama Rukun Wargi Sumedang

SUMEDANG -- Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI, Prof. Dr. KH Ma'ruf Amin, hari ini Rabu (12/6) bertandang ke Kabupaten Sumedang untuk memenuhi undangan halal bihalal yang di inisiasi oleh Rukun Wargi Sumedang (RWS) dan Yayasan Pangeran Sumedang (YPS).

Acara yang diselenggarakan di Gedung Negara tersebut dihadiri oleh Komjen Pol. Mochamad Iriawan, perwakilan Gubernur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, Sekretaris Daerah, unsur Forkopimda, keluarga besar RWS, YPS, dan Yayasan Nadzir Wakaf Pangeran Sumedang, serta tamu undangan lainnya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan atas nama Pemerintah Daerah dan atas nama warga masyarakat Sumedang mengucapkan selamat datang terkhusus kepada KH. Ma'ruf Amin, berseta rombongan.

"Selamat datang di Kabupaten Sumedang, kehadiran Pak Kiyai merupakan sebuah kehormatan, kebanggaan, dan kebahagiaan bagi kami masyarakat Sumedang, sekaligus menjadi motivasi bagi kami untuk mengemban tugas dan membaktikan diri demi Indonesia tercinta dan demi terwujudnya Kabupaten Sumedang Simpati" ucapnya.

Selain itu Bupati juga menyampaikan ucapan "Selamat Idul Fitri 1440 H", Ia mengajak kepada seluruh yang hadir pada kesempatan tersebut untuk saling memaafkan dengan hati yang tulus.

"Segala ganjalan hati yang pernah terjadi di masa lalu kita tinggalkan dan hadapi di masa depan dengan hati yang bersih, niat yang ikhlas, tekad kuat, serta perencanaan yang matang" ungkapnya.

Terahir Bupati berharap, kedatangan Ma'ruf Amin dapat memberi suntikan motivasi pada pemerintahannya dalam mewujudkan Sumedang Simpati.

"Kami juga berharap, beliau dapat memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Sumedang," ucapnya.

Sementara itu M Iriawan mengatakan, kehadiran Ma'ruf Amin di Kabupaten Sumedang menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, sosok Ma'ruf Amin telah mewakili masyarakat sunda di kancah nasional.

"Beliau terpilih sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Sudah lama tidak ada Putra Sunda yang manggung di kancah nasional. Terakhir, Wapres putra sunda adalah Pak Umar Wirahadikusumah (Wapres RI Keempat)," ujarnya.

Iriawan juga menyebutkan, sosok Ma'ruf Amin merupakan salah satu figur istimewa yang ada di Indonesia.

"Selain sebagai tokoh sunda, beliau juga adalah tokoh agama, dan sekarang menjadi Wapres RI," sebut Iriawan.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Ma'ruf Amin juga dinobatkan menjadi salah satu bagian keluarga besar RWS dikarenakan termasuk kedalam silsilah keturunan Raja Sumedang pada klan (keturunan) ke 14. Ia mengatakan bangga bisa diterima menjadi keluarga RWS.

"Saya ini, dalam silsilah  Keturunan Raja Sumedang merupakan klan (keturunan) 14. Sedangkan pak Mochamad Iriawan berada pada klan ke 16. Jadi lebih duluan saya.  Karena itu, saya pun merasa bangga sudah diterima jadi Keluarga Besar RWS," tuturnya.

Ia menambahkan, sebagai Wapres terpilih, kini ia menyandang gelar sebagai ulama sekaligus umara yang senantiasa membangun agama sekaligus membangun kemaslahatan bagi rakyat.

"Saya akui, menjadi seorang ulama juga seorang Umara adalah tugas berat. Akan tetapi dengan spirit ikatan persaudaraan ini, saya optimis saya optimis kemaslahatan ini akan dipegang teguh sesuai apa yang telah dicontohkan oleh Prabu Geusan Ulun. Saya merasa terhormat karena diakui sebagai Wargi, saya berharap peran saya tidak memalukan," tandasnya. (hms/rls)