Pencarian Berita


Calon Pangulu, Harianto Girsang Siap Melayani Masyarakat Dengan Tulus

Calon Pangulu, Harianto Girsang Siap Melayani Masyarakat Dengan Tulus

SIMALUNGUN -- Siapa tak kenal dengan Harianto Girsang S.Pd. Sosok Pria ini tidak lepas dari keramahan, Pergaulan dan kerja kerasnya.

Beliau berniat untuk membenahi Nagori Tigabolon, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun yang diketahui selama ini banyaknya persoalan yang belum teratasi.

Dalam perhelatan Pemilihan Pangulu serentak Kabupaten Simalungun tahun 2019 ini, Harianto Girsang, Wartawan Senior itu pun ikut mencalonkan diri sebagai Calon Bakal Pangulu Nagori Tigabolon.

Atas persoalan yang sudah muncul diberbagai media, dirinya merasa terpanggil untuk memperbaiki Nagori Tigabolon yang terdiri dari 8 Dusun itu semakin lebih baik serta mengupayakan menjadi Nagori percontohan bagi Nagori lain se Kecamatan bahkan Kabupaten.

Ditambah lagi dukungan dari keluarganya, Senin (13/5) sekira Pukul 13.00 wib, Harianto Girsang bersama istrinya Eniwati Samosir S.Pd yang setia mendampinginya dengan orangtuanya, Binsar Girsang menyerahkan berkas pendaftaran ke Kantor Pangulu Nagori Tigabolon diterima oleh Ketua Panitia Pemilihan Pangulu Nagori Tigabolon, Wilman Sitindaon.

Banyaknya keluhan warga Nagori Tigabolon terkait pelayanan kurang maksimal dan pembangunan kurang bagus sehingga muncul niat tulusnya untuk membenahi Nagori Tigabolon menjadi lebih baik dan melayani masyarakat cepat, tepat dalam pengurusan administrasi kependudukan dan surat lainnya.

Selain itu, dalam programnya, beliau akan memastikan program Pemerintah yang berpihak pada masyarakat berjalan efektif, tepat guna dan tepat sasaran seperti Rastra, PKH, BPJS dan KIP.

Kepada awak media ini, dibidang Pertanian, Harianto Girsang menerangkan akan mengupayakan meningkatkan produktifitas pertanian dengan cara memperkuat kordinasi dengan pihak pemerintah baik itu pembangunan jalan maupun bantuan berupa bibit, benih dan pupuk,dan berkordinasi dengan pihak swasta.

"Masyarakat Nagori Tigabolon ini mayoritas petani jadi saya akan memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan pihak swasta untuk meningkatkan produktifitas pertanian baik itu berupa pembangunan jalan usaha tani maupun bantuan bantuan pertanian berupa ternak, benih dan pupuk," terang Senior GMKI Cabang Siantar Simalungun itu.

Saat ditanyai lebih lanjut, Harianto Girsang dalam programnya meningkatkan pelaksanaan pembangunan desa secara terbuka, berkelanjutan dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Mengelola dana desa secara akuntabel dan transparan yang dapat dilihat oleh masyarakat. Melakukan pembenahan tata ruang desa, dalam hal ini desa akan bekersama dengan organisasi masyarakat yang ada dalam melakukan pembenahan tata ruang desa, sehingga desa dapat tertata lebih indah dan lebih nyaman,"jelas Ketua Bidang Organisasi dan Komunikasi GAMKI Simalungun itu.

Masih Harianto Girsang mengatakan akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan kegiatan pembinaan dan pengembangan posyandu balita,  pembinaan dan pengembangan posyandu lansia. Gerakan minggu bersih (dilakukan setiap hari Minggu Pukul 15.00 WIB) serta penanganan dan pengelolaan sampah.

"Untuk warga Nagori Tigabolon yang telah mempunyai hak pilih, saya mohon untuk dapat memilih saya. Mari kita benahi Nagori Tigabolon, pembangunan yang merata dan pelayanan masyarakat dengan cepat dan tepat,"pungkas Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Sidamanik itu.

Ketua Panitia Pemilihan Pangulu Nagori Tigabolon, Wilman Tindaon saat dikonfirmasi diruang kerjanya 
mengatakan bahwa pengumuman dan pendaftaran bakal caalon dimulai tanggal 30 April sampai 13 Mei.

"Ya sesuai jadwal tahapan, pendaftaran dibuka tanggal 30 April sampai 13 Mei. Bakal Calon Pangulu yang menyerahkan berkas pendaftarannya ada 8 orang, satu orang diantaranya masih ada berkas yang harus dilengkapi,"tuturnya.

Masih Wilman Sitindaon menceritakan bahwa ketentuan peraturan Calon Pangulu maksimal 5 orang sehingga harus dilaksanakan seleksi kepada ke 8 bakal calon tersebut.

"Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Nagori (DPMPN) akan melaksanakan seleksi bagi bakal calon yang berjumlah lebih dari 5 orang, hasilnya akan diumumkan 26 Mei mendatang," jelasnya.(Ary)