Pencarian Berita


SLEMAN BYAR SUMUNAR: Gelar Fetival Karawitan Perempuan

SLEMAN BYAR SUMUNAR: Gelar Fetival Karawitan Perempuan

SLEMAN -- Masyarakat internasional memiliki minat yang tinggi akan kesenian karawitan Indonesia. Dan masyarakat mancanegara saja sangat menghargai serta ingin belajar budaya karawitan gamelan ini, maka kita harus lebih mencintai budaya kita sendiri.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Sleman Bidang Pemerintahan dan Hukum Musta'in Aminun sebelum membuka Festival Karawitan Perempuan Tingkat Kabupaten Sleman tahun 2019 di Lapangan Denggung, Rabu (24/4/2019).

Festival tersebut merupakan salah satu event dari rangkaian "Sleman Byar Sumunar" yang dimulai pada tanggal 21 April 2019.

Pada kesempatan itu, Musta'in Aminun mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan itu. "Karena sebagai salah satu langkah dalam mempertahankan kesenian," kata Musta'in Aminun.

"Saya berharap melalui momentum tersebut dapat menjadi sarana untuk membangkitkan semangat pelestarian dan pengembangan kesenian karawitan," ungkap Musta'in Aminun.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara mengatakan, festival yang diikuti 17 grup karawitan -- setiap grup terdiri dari 17-30 orang -- perwakilan kecamatan se-Kabupaten Sleman, diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

"Selain itu digelar pula festival dolanan anak, festival teater tingkat kabupaten Sleman," ungkap Aji Wulantara, yang menambahkan kegiatan Byar Sumunar Kabupaten Sleman tahun 2019 ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memperkenalkan budaya serta mewujudkan masyarakat Sleman yang berbudaya.

Selain itu, festival tersebut juga salah satu upaya Pemkab Sleman untuk memberikan ruang kepada perempuan di Kabupaten Sleman dalam mengekpresikan diri melalui kesenian karawitan. “Saya berharap festival ini dapat menumbuhkan kecintaan kepada seni karawitan dan terus melestarikan budaya di Kabupaten Sleman," kata Aji Wulantara. (Affan)