Pencarian Berita


Afnan Hadikusumo Masuk Empat Besar Calon DPD RI Dapil DIY

Afnan Hadikusumo Masuk Empat Besar Calon DPD RI Dapil DIY

YOGYAKARTA -- Dewasa ini, Muhammadiyah masih perlu terlibat langsung dalam kontestasi politik dengan mengusung calon DPD RI. Dan Muhammadiyah masih perlu ambil bagian. Terlebih sejak dimulainya proses berbangsa sejak zaman kemerdekaan sampai dengan sekarang Muhammadiyah terlibat langsung dan berandil besar.


Muhammadiyah masih perlu terlibat langsung dalam kontestasi politik dengan mengusung calon DPD RI. Untuk kali ketiga, Muhammadiyah DIY mengusung lagi Drs M Afnan Hadikusumo untuk maju kembali sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan DIY pada Pemilu 2019.


Di Muhammadiyah tidak ada yang namanya mencalonkan diri dan adanya dicalonkan. Dan Afnan Hadikusumo dipilih pimpinan Muhammadiyah setelah disaring dari sekian banyak calon. Afnan terpilih setelah melalui proses demokrasi ala Muhammadiyah.
Keputusan mengusung Afnan Hadikusumo itu turut dilatarbelakangi oleh keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang memungkinkan anggota partai politik (parpol) menjadi anggota DPD RI.


"Keputusan saya agar maju kembali untuk periode ketiga sebagai DPD RI daerah pemilihan DIY bukan keinginan pribadi, melainkan mandat dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta mengusung calon di luar partai politik," terang Afnan Hadikusumo. 


Afnan menuturkan, wajar jika Muhammadiyah khawatir dengan keputusan MK yang membolehkan kader partai politik bisa maju sebagai anggota DPD.
Ia menilai, DPD RI sejatinya merupakan lembaga perwakilan daerah, yang diisi oleh orang-orang nonparpol. 

 

"Jika sudah diisi dengan orang parpol, maka diprediksi DPD RI bakal kehilangan ruh yang sesungguhnya," kata Afnan.


Cucu salah satu pahlawan nasional Ki Bagus Hadikusumo itu, saat ini tengah berjuang bersama belasan bakal calon DPD RI lainnya."Sebenarnya, Afnan tidak ingin maju lagi. "Sudah dua periode," tandas Afnan.


Ternyata, hasil Musyawarah Pimpinan Wilayah Khusus PWM DIY memilihnya untuk mau dicalonkan lagi jadi wakil DIY di DPD RI. "Sebagai kader Muhammadiyah, ya saya harus bersedia mengemban amanat," kata Afnan.


Namun, dari kalangan nonparpol, Afnan pun tidak sendiri. Oleh karena masih terdapat nama Gus Hilmi yang diusung Nahdlathul Ulama (NU) dan GKR Hemas (Kraton Yogyakarta).(affan)