Pencarian Berita


Siswa SD dan SMP dari Kota Bandung Berhasil Membuat Robot Pemilah Sampah Organik dan Non Organik

Siswa SD dan SMP dari Kota Bandung Berhasil Membuat Robot Pemilah Sampah Organik dan Non Organik

BANDUNG, -- Tantangan zaman terlebih lagi industri generasi ke 4 atau 4.0 ternyata sudah mulai mendapat jawaban dari anak-anak di kota Bandung, siswa SD dan SMp dari sekolah yang beda di kota Bandung berhasil membuat robot pemilah sampah organik dan non organic.

Tak hanya berhasil membuat robotnya, namun anak-anak ini juga sudah mengikuti lomba robot Internasional di thailan pada 21 November lalu. Dibawa bimbingan Daeng Firman Alimudin, anak-anak ini berhasil membawa pulang delapan medali.

“Alhamdulillah kita kontingen Indonesia dari Bandung berhasil membawa pulang delapan medali dari beberapa kategori, tentunya hal ini telah melalui proses latihan panjang,” kata Firman Alimudin di bandung, Selasa, (26/3/19).

Pria yang akrab di sapa Pimen ini menuturkan, mengajarkan robot pada anak sejak dini sangalah perlu apalagi menghadapi tantangan zaman saat ini, hal iniperlu sekali dilakukan.

“saat ini perkembangan teknologi sangat pesat sehingga kita harus berusaha bukan hanya sebagai pengguna tapi juga yang menciptakan teknologi tersebut,” tutur Pimen.

Saat ini anak-anak asuhan pimen yang tergabung dalam Robonesia ini sudah mendapat undangan lagi untuk mengikuti lomba di Kore Selatan dan Fietnam untuk mengikuti lomba pada tahun 2019 ini.

“ditahun 2019 ini sudah mendaoat undangan lagi untuk berlomba di fietnam, makanya kita persiapan lebih matang lagi dengan cara menggelar lomba juga di bandung,” pungkasnya.


Dirinya berharap semakin banyak anak-anak yang tertarik dengan robot ini sehingga tidak hanya bisa bermain tapi juga bisa menciptakan. Robot lain juga diciptakan seperti robot yang dapat bermain bola dan juga beradu Sumo. (Saifal)