Pencarian Berita


SEHAT BERSAMA PERAWAT: PPNI Sleman Gelar Baksos

SEHAT BERSAMA PERAWAT: PPNI Sleman Gelar Baksos

SLEMAN -- Dalam rangka memperingati HUT ke-45, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Sleman selenggarakan bakti sosial di Dusun Krapyak, Triharjo, Sleman, Minggu (17/3/19), bertemakan keluarga dan masyarakat sehat bersama perawat.

Momentum ulang tahun kali ini, seperti disampaikan Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI Kabupaten Sleman, Muh.  Nasrukin, digunakan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan perawat dan masyarakat.

Untuk mewujudkan gerakan tersebut, PPNI telah menetapkan program untuk meningkatkan peran perawat dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan kesehatan masyarakat.

Kali ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, di antaranya bakti sosial dan kerja bakti ditujukan kepada masyarakat Dusun Krapyak yang dihadiri 129 orang, khususnya lansia. 

Bakti sosial ini terdiri dari pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, kolesterol, penimbangan berat badan dan tinggi badan, rekam jantung (EKG), konsultasi dengan dokter, pembagian obat, serta pembagian sembako. 

Dalam acara itu juga diresmikan gedung baru DPD PPNI Sleman yang berada di Dusun Krapyak. Hal itu sebagai salah satu peran aktif dari perawat dalam mewujudkan pelayanannya.

Dibentuknya suatu organisasi profesi PPNI, menurut Muh. Nasrukin, sebagai wadah bagi profesi perawat yang diharapkan bisa mengakomodir perawat dan juga masyarakat akan pelayanan kesehatan. "Terutama di bidang keperawatan," tandas Nasrukin.

Diadakan pula kerja bakti di Pasar Sleman diikuti 129 orang perawat. Hal itu untuk meningkatkan kebersihan dan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan diri serta lingkungan. 

Dalam kerja bakti dilaksanakan penyuluhan kesehatan dengan tema Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan cuci tangan. Juga ada pembagian leaflet kesehatan kepada pedagang dan pengunjung pasar serta bersih-bersih lingkungan pasar. (Affan)