Pencarian Berita


Helmi Botutihe "Didepak" Dari Sekda Halsel

Helmi Botutihe

HALMAHERA SELATAN  - Rumor bahwa Helmi Surya Botutihe dikembalikan ulang ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI di Jakarta ternyata benar adanya. Karena itu, dipastikan jabatannya sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Halmahera Selatan (Halsel) saat ini akan digantikan dengan orang lain. 

Sebagaimana surat dari BPKP RI dengan  nomor : R-474/SU/02/2019, tertanggal 19 Februari 2019 dengan perihal Penarikan Pegawai Dipekerjakan pada Pemerintah Kabupaten Halsel yang menguatkan rumor tersebut. 

Surat itu sekaligus jawaban terhadap surat permohonan Bupati kepada BPKP RI terkait pengembalian pegawai BPKP atas nama Helmi Surya Botutihe NIP. 19650621 198603 1 001, pembina utama madia (IV/d), pada unit kerja, Biro Kepegawaian dan Organisasi, Sekretariat Utama BPKP RI.


Sekda Helmi dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (14/3/2019) membenarkan penarikan dirinya kembali ke BPKP RI. Memang awalnya kata Helmi, Ia mengetahui adanya surat penarikan itu  melalui media massa baru-baru. Pihaknya kemudian mengkonfirmasi ke Kepala BPKP RI Perwakilan Malut untuk memastikan kebenaran surat itu dan ternyata dibenarkan oleh kepala BPKP RI Perwakilan Malut dan beberapa hari kemudian Ia baru menerima surat tersebut. Adanya surat itu, maka sehari dua, dirinya sudah harus melapor ke BPKP RI, apalagi waktu yang diberikan untuk lapor diri sudah lewat. Mestinya dirinya sudah harus lapor diri sejak tanggal 26 Februari lalu. 

"Secara fisik, suratnya sudah saya terima dan sesuai dengan yang di surat, sudah harus melapor tanggal 26 kemarin. Makanya secepatnya harus melapor diri ke BPKP RI,"akunya.


Helmi mengaku tidak mengetahui pasti alasan Ia dikembalikan ke BPKP RI, yang jelas penarikan dirinya kembali ke BPKP RI di Jakarta itu sebagai jawaban atas surat Bupati ke BPKP sebagaimana tertuang dalam isi surat penarikan tersebut. 

Bagi Helmi, pergantian dirinya dari jabatan Sekda Halsel adalah hal biasa dalam rangka penyegaran, apalagi Ia sudah menjabat Sekda Halsel kurang lebih 6 tahun belakangan ini. 

"Bagi saya biasa saja, apalagi saya dijabatan sekda ini sudah 6 tahun. Saya kira cukup lah. Saya sampaikan terima kasih ke pak Bupati, sudah diberikan kepercayaan untuk bekerja di Pemerintahan ini. Dan selama ini saya bekerja dengan baik,"ujarnya. 

Pihaknya pada kesempatan tersebut juga menepis rumor bahwa dirinya diganti karena berseberangan dengan Bupati.

 "Itu hanya rumor. Selama ini kita bekerja sama dengan baik kok. Cuma ini penyegaran aja,"tandasnya. 

Helmy yang sudah diperbantukan di Pemda Halsel sejak 2006 itu mengaku, banyak kesan luar biasa yang diperolehnya termasuk dengan masyarakat Halsel yang sangat welcome selama ini. Pihaknya berharap penggantinya kelak dapat menjalankan tugas-tugas Sekda dengan baik kedepannya.

 Sementara itu, terkait pergantian Helmi sebagai Sekda Halsel tersebut, dibenarkan Kabag Humas dan Protokoler setda Halsel, Mujibur Rahman. 

Menurut dia, penarikan Sekda ke BPKP RI ini adalah murni permintaan dari BPKP. Namun untuk siapa penggantinya. Mujibur mengaku belum mendapatkan informasinya.

 "Kita belum dapat informasi siapa yang nanti menggantikan beliau. Kemungkinan beliau (Pak Helmi) akan pamitan besok,"tandasnya. 

Pihaknya juga membantah, pergantian Sekda ini karena Bupati dengan Sekda Helmi tidak lagi sejalan. (Iwan)