Pencarian Berita


KUI UAD Yogyakarta Realisasikan Kerjasama dengan USANT Filipina

KUI UAD Yogyakarta Realisasikan Kerjasama dengan USANT Filipina

YOGYAKARTA -- Di depan mahasiswa dari University of Saint Anthony (USANT) Filipina, Wakil Rektor IV UAD Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional, Prof. Drs. Sarbiran M.Ed, Ph.D, sangat gembira sekali. "Karena hal ini menunjukan realisasi kerjasama yang bagus," tandas Sarbiran. 

Pada kesempatan kali ini, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyambut 9 orang mahasiswa dari USANT Filipina untuk pertukaran mahasiswa selama satu bulan, Rabu (6/3/2019), di Lantai 10 Kampus Utama UAD, Jl Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, dimeriahkan dengan penampilan seni dari mahasiswa asing UAD Yogyakarta.

Adapun ke sembilan orang mahasiswa itu adalah: Jinky Mae P. Celebrado, Lorelee Lou C. Curtan, Barbie V. Layaguin, yang akan belajar di Fakultas Psikologi. 

Gloremel B. Gapunuan, Maritee. R. Nacario, Laarni B. Rivera dan Rodolfo Jeff B. Tino akan belajar di Prodi Ilmu Komunikasi, FSBK.

Richard M. Andalis akan belajar di Fakultas Hukum. Joellan Salvador D. Javier akan belajar di Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi (FSBK).

Pada kesempatan kali ini, bagi Sarbiran, sebetulnya sangat baik bagi dosen di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. "Oleh karena berdampak pada ketrampilan dan keilmuan para dosen," terang Sarbiran.

Menyinggung kegiatan itu, Sarbiran mengatakan pertemuan kali ini sangat penting. "Karena kita harus berusaha meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang sangat kita perlukan," kata Sarbiran, yang berharap ke depan pertemuan seperti ini bisa dihadiri para dosen untuk bisa berkomunikasi dan berdialog dengan mahasiswa asing. 

"Melalui komunikasi dan dialog dengan mahasiswa asing itu ada nilai-nilai yang sangat penting sekali," tandas Sarbiran.

Kegiatan itu merupakan kali kedua UAD Yogyakarta menyambut mahasiswa USANT pada tahun ajaran 2018/2019. Pada periode lalu, UAD juga telah menyambut 10 orang mahasiswa yang belajar di FKIP UAD Yogyakarta.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD -- yang sekaligus ketua panitia penyambutan -- Ida Puspita, MA.Res, mengatakan, UAD dan USANT telah menjalin kerjasama sejak tahun 2013. "Realisasi kerjasama berupa pertukaran mahasiswa," terang Ida Puspita, yang menerangkan hal itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2014. 

Selain itu, UAD Yogyakarta juga mengirim mahasiswanya ke USANT untuk berbagai program seperti: Joint Thesis Supervision untuk mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris. "Joint thesis supervision merupakan program penulisan tesis di USANT, Filipina, dengan pembimbing dari kedua universitas," kata Ida Puspita. 

Sementara itu, kegiatan pertukaran mahasiswa ke USANT dari Fakultas Psikologi mendapatkan beasiswa kredit transfer dari Dikti tahun 2017. 

Selain kegiatan kemahasiswaan, realisasi kerjasama UAD dan USANT juga berupa Joint Publication, Joint Seminar dan Lecturer Exchange.

Selama lima tahun, dikatakan Ida Puspita, kerjasama ini mempunyai banyak manfaat. "Seperti peningkatan kemampuan komunikasi bahasa asing bagi mahasiswa lokal UAD. Selain itu, kerjasama ini bermanfaat untuk promosi UAD di kancah Asean," kata Ida Puspita.

Dikatakan Ida Puspita, Kepala KUI UAD, setiap tahun UAD Yogyakarta menerima mahasiswa dari USANT untuk media pembelajaran bagi semua pihak. "Hal itu terkait untuk mempersiapkan masyarakat ekonomi Asean," tandas Ida Puspita. (Affan)