Pencarian Berita


Muhammadiyah Menunjukkan Pelayanan kepada Masyarakat

Muhammadiyah Menunjukkan Pelayanan kepada Masyarakat

YOGYAKARTA -- Pengajian akbar dalam rangka memperingati milad ke-96 RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan milad ke-10 RS PKU Muhammadiyah Gamping berlangsung di Hall Convention Gedung Skill Lab RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sabtu (2/3/2019), dengan pembicara Prof Dr HM Din Syamsuddin, MA, yang sebelumnya diawali pembacaan kalam Ilahi oleh Arif Ramlan Achmad, AMd.Kep.

Di depan Badan Pelaksana Harian (BPH) RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Prof Dr Zamroni, Direktur PKU Muhammadiyah Gamping dr H Ahmad Faesol, SpRad, MKes, MMR, mengatakan bahwa dengan keikhlasan hal itu bisa membanggakan semuanya.

"Dengan adanya amal usaha Muhammadiyah ini bisa diandalkan dari berbagai aspek," kata Ahmad Faesol yang menerangkan agenda milad RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ini sederhana saja. 

"Keberadaan rumah sakit ini jadi bukti bahwa PKU mendapat barokah dari Allah SWT. Karena ketulusan manajemen PKU meski kecil maknanya luar biasa," kata Ahmad Faesol, yang menambahkan rumah sakit tertua ini bisa berkembang dengan baik.

Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang paling banyak tumbuh dalam lima tahun terakhir adalah rumah sakit. "Nama lembaga pelayanan kesehatan Muhammadiyah ini namanya bervariasi, ada yang menggunakan RS PKU, RS PKU Muhammadiyah, Rumah Sakit Islam dan bahkan ada yang namanya panjang RS Islam PKU Muhammadiyah. Apapun namanya tetapi inilah kekuatan kita," kata Din.

Din Syamsuddin dalam pengajian akbar itu mengatakan, Muhammadiyah menunjukkan pelayanan kepada masyarakat. "Jika selama ini kerap berperan dalam gerakan nasional bidang pendidikan, kini Muhammadiyah juga menunjukkan perannya dalam bidang pelayanan kesehatan," papar Din Syamsuddin.

Sebab itu, Din Syamsuddin menegaskan masalah kesehatan harus dilakukan melalui paradigma baru. Dalam pelayanan kesehatan, menurutnya, jangan sampai meninggalkan dimensi keilahian.

Bagi Din, pelayanan dan perawatan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping sangat prima, tetap eksis dan berkiprah di tengah masyarakat. "Ini merupakan rumah sakit pertama di Muhammadiyah," kata Din sambil menerangkan perkembangan RS PKU Muhammadiyah Gamping telah tampil dan tegak sebagai salah satu rumah sakit pelayanan di Yogyakarta di tengah-tengah Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FK UMY) dan Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan (FK UAD) Yogyakarta.

Terhadap nikmat yang ada, menurut Din Syamsuddin, kita harus memperbarui rasa syukur kepada Allah SWT. "Nikmat rahmat Allah SWT terhadap rumah sakit Muhammadiyah sebagai pelayanan nasional," kata Din.

Kini, gerakan pelayanan kesehatan semakin bertambah. Menyoal hal itu, Din Syamsuddin  berharap untuk diberitakan. "Beritakan dan wartakanlah raihan prestasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping supaya bisa membangkitkan rumah sakit lainnya sebagai dakwah. Selain itu, kembangkanlah sebagai proses yang berkemajuan," ungkap Din Syamsuddin.

Seperti disampaikan Din, kekuatan pimpinan amal usaha Muhammadiyah (AUM) akan maju kalau punya dua watak, yaitu sebagai pemimpi atau visioner masa depan dan bangun serta wujudkan mimpi itu.

"Kita perlu melakukan perencanaan strategis untuk masa depan yang berencana. Itu kalau mau melakukan proses berkemajuan," tambah Din yang berharap ke depan rumah sakit ini semakin maju dan penting bagi umat Islam. "Hidup ini mencari berkah dan saling berdoa."

Barokah itu, menurut Din, adanya kebaikan dan keberkahan yang menetap pada diri kita. Barokah juga tambahan dari kebaikan dari Allah SWT. Dan konsep berkah menjadi cita-cita seorang Muslim yang sholat. (Affan)