Pencarian Berita


Peringati Hari Pers 2019, ini kata Bupati

Peringati Hari Pers 2019, ini kata Bupati


*Peringati Hari Pers 2019, ini kata Bupati*
.
.
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir bersama Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 yang digelar oleh PWI, di Halaman Gedung Negara, Senin (11/02/2019).
.
.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Forkopimda Kabupaten Sumedang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Para Kepala OPD, Ketua PWI Cecep WP beserta jajaran  pengurus PWI dan wartawan se-kabupaten Sumedang.
.
.
Peringatan HPN tahun ini mengusung tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital". Acara diisi dengan penyerahan sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumedang kepada 3 orang Jurnalis Muda, dilanjutkan dengan penyampaian testimoni dari pemerintah daerah dan pemotongan tumpeng.
.
.
Ketua peringatan HPN 2019 Aziz dalam laporannya menyampaikan, 
bahwa peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 februari,  merupakan agenda nasional yang dilaksanakan diseluruh kabupaten/kota se-indonesia dirayakan bersamaan dengan HUT PWI ke-73 atas inisiasi PWI Kabupaten/Kota termasuk kabupaten Sumedang.
.
.
Dikatakan Aziz,  dalam rangka peringatan HPN 2019, pihaknya menggelar beberapa rangkaian kegiatan yang bersifat kemitraan  mulai dari cek kesehatan wartawan  bekerjasama dengan Dinkes, olahraga bersama dan lomba foto Operasi Lilin Lodaya bersama Polres Sumedang dan Kemitraan lainnya bersama kodim dengan melaksanakan pelatihan Jurnalistik bagi para anggota babinsa serta Peringatan HPN yang dilaksanakan bekerjasama dengan Humas Pemkab Sumedang.
.
.
"Alhamdulillah, kita bisa merayakannya bersama-sama dengan para wartawan dan pemerintah daerah, semuanya bisa hadir. Harapannya  semoga kebersamaan dan kemitraan yang sudah terjalin bisa lebih optimal dalam rangka mewujudkan Sumedang Simpati."  Kata Azis.
.
.
Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas peran dan kinerja pers yang telah selama ini telah melaksanakan tupoksinya dengan baik, bekerjasama dan bermitra dengan pemerintah daerah dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terkait kebijakan program dan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.
.
.
"Apalah artinya pemerintah daerah apabila membuat sebuah kebijakan dan program kegiatan tanpa ketahui oleh masyarakat. Terimakasih pers bisa menjembatani fungsi itu" tutur Bupati.
.
.
Selain itu, Bupati Dony mengatakan peringatan ini bisa menjadi momentum yang tepat bagi pers untuk melakukan kerjasama dan sinergitas yang lebih baik lagi dalam rangka melaksanakan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.
.
.
"Harapan saya pers harus bisa melaksanakan tugasnya dengan  baik sebagai agen pembangunan, agen perubahan, agen pencerahan dan pencerdasan kepada masyarakat  juga sebagai kontrol sosial kepada pemerintah, tetap dilandasi dengan berita yang kritis, analitis, objektif, bertanggungjawab terutama memenuhi kaidah jurnalis "Both of side" dari dua sisi sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang utuh" harap bupati.
.

Bupati juga menambahkan, 
dalam menghadapi maraknya hoax dan ujaran kebencian, bupati mengatakan, media mainstream harus menjadi solusi dan sumber rujukan masyarakat dengan meningkatkan kualitas isi pemberitaannya sehingga menjadi sumber  informasi yang terpercaya dimasyarakat.
 

"Media mainstream harus menjadi penyeimbang dan menjadi rujukan masyarakat ketika media abal-abal yang kerjanya membuat hoax bisa dicegah tangkal oleh media mainstream yang ada. Terlebih lagi ditahun politik saat ini, saya sangat berharap banyak kepada media bisa menjadi bagian yang ikut merawat kebangsaan, kebhinekaan dan persatuan dan kesatuan yang tentunya harus kita syukuri, tutup Dony.(rls/pph)