Pencarian Berita


Jelang Adipura, Pemkab Sumedang Gelar Rapat Sosialisasi

Jelang Adipura, Pemkab Sumedang Gelar Rapat Sosialisasi

SUMEDANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang melalui Dinas Lingkungan hidup dan kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang menggelar rapat sosialisasi program penunjang peningkatan kota sehat/ adipura tahun 2019, bertempat di ruang Cakrabuana Setda, rabu (6/2/2019).
.
Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten sumedang (DLHK) dan diikuti para peserta yang terdiri dari perwakilan dari tiap SKPD. 
.
Dalam rapat tersebut pihaknya juga mengundang Kepala Bidang Konservasi dan perubahan Iklim DLHK Provinsi Jawa Dewi Nurhayati, guna memberikan pengarahan terkait apa yang harus dibenahi terkait penilaian Adipura nantinya.
.
Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLHK Kabupaten Sumedang Novi mengatakan, pertemuan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan setiap SKPD yang terlibat dalam titik pantau penilaian  sehingga dalam pelaksanannya tercipta lingkungan  yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan sesuai dengan kriteria penilaian Adipura tahun ini.
.
Dalam penilaian Adipura tahun 2019, kata novi, ada beberapa indikator yang menjadi penilaian seperti kebersihan dijalan raya, area perkantoran, pertokoan, sekolah, serta tempat pembuangan akhir (TPA).
.
Lanjut dikatakan Novi,  berdasarkan hasil penilaian P1 tahun 2017/2018, Nilai fisik dan TPA di Kabupaten Sumedang 67.48 dan 52.56. Dengan kata lain, capaian nilai fisik dan TPA kabupaten Sumedang pada tahun 2017/2018  mengalami penurunan dan masih jauh dari target minimal penilaian nilai fisik 76 dan TPA 74.
.
"Kita harus koordinasi dengan SKPD yang lain, jadi kita tidak bisa bekerja sendiri memang harus bersama-sama untuk penilaian Adipura ini. Mudah mudahan ini merupakan titik awal untuk mencari solusi dan langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki nilai tersebut" kata Novi.
.
Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang dalam pertemuan tersebut menekankan kepada semua pihak terkait untuk fokus dan serius terhadap titik-titik lokasi penilaian Adipura kali ini. Bupati juga mengharapkan, dengan digalakannya Jumsih, ikut mendorong masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. 
.
"Diperlukan komitmen kuat, kerja keras dan upaya secara terus menerus dari kita semua  untuk mengubah perilaku agar lebih peduli dan keindahan lingkungan.  Dengan digalakkannya jumat bersih, diharapkan hal ini dapat menggugah dan menggerakan masyarakat  untuk bersama dengan pemerintah daerah menciptakan lingkungan bersih dan sehat" kata wabup.
.
Wabup menambahkan, ada beberapa catatan penting yang harus dilaksanakan dan  segera ditindaklanjuti, menurutnya selama ini partisipasi dalam pemilahan sampah dan pengelolaan sampah masih rendah, terutama dilingkungan perumahan. 
 

Kaitan dengan permasalahan tersebut, wabup mengintruksikan langsung Kadis DLHK untuk membuat surat edaran berupa himbauan kepada dinas/instansi/kantor dan warga masyarakat untuk melakukan pemilahan jenis sampah dan memperbanyak tempat sampah untuk menambah nilai bobot penilaian Adipura.(rls/pph)