Pencarian Berita


Diduga Panitia Tidak Netral,Warga Dongkal Demo DPMD

Diduga Panitia Tidak Netral,Warga Dongkal Demo DPMD

KARAWANG - Pejabat di dinas pemerintahan masyarakat desa ( dpmd) diduga intervensi panitia desa segera mengesahkan hasil perolehan suara. Padahal, aksi demo yang diperagakan warga desa dongkal, kecamatan pedes, menyusul adanya indikasi kecurangan dalam pelaksanaan pilkades tersebut.

Sukria, nasir, fery, rabu (5/12) mendatangi pihak dpmd, guna mengetahui, sekitar penanganan dugaan kecurangan pelaksanan pilkades di desanya. Namun mereka betapa kagetnya saat mendengar bahwa persoalan dianggap sudah beres oleh pejabat di kantor bpmpd tersebut. 

Padahal, kata sukria, saat  saya dialog di kantor bpmpd, panitia pilkades, mengakui adanya indikasi kecurangan. Dan ketika kami demo, panitia 11 belum menandatangani surat penetapan perolehan masing masing calon kades.

 Dalam hal ini, kata sukria  pejabat di kantor dpmpt disinyalir telah memihak kepada calon petahana. " jika panitia tingkat desa sudah menandatangani penetapan perolehan suara, ditenggarai pejabat di dpmpt ikut terlibat," tegas nasir, sukria dan fery.

Ditegaskan sukria, saat pelaksaan pilkades dongkal diprotes kami di kantor pedes, dan dpmd, ketika itu pihak panitia sebelas belum menandatangi peroleh suara . Kata ketiganya, jika panitia sebelas berati kami-kami ini telah dibokong oleh pihak pejabat di kantor dpmpd.

Seperti diakui andri  kasie pemdes di kantor dpmpd, sekitar proses klier penetapan suara desa dongkal, lokasi sempat di sebuah pom bensin di karawang. Walhasil, panitia sebelas, sudah mengirimkan surat penetapan peroleh penetapan suara tersebut.

Andri, tampaknya tidak mau ambil pusing menyusul adanya pengakuan 7 anggota panitia tingkat desa, bahwa saat dilakukan tahapan pelaksanan pilkades, terindikasi adanya kecurangan. " itu bukan pernyataan, tapi sekedar ceritra anggota pilkades," kata andri dengan nada enteng.            

Diakui andri, sekitar ada dugaan kecurangan tersebut, dia sudah bertemu dengan seorang pengacara dari pihak yang kalah. Kata dia terserah sekitar ceritra anggota panitia yang dituangkan secara tertulis tersebut mau diserahkan ke dia atau pihak pengacara sebagai bahan gugatan di pengadilan nanti. (bo/js)