Pencarian Berita


UAD Tuan Rumah Cabor Catur POMDA DIY Tahun 2018

UAD Tuan Rumah Cabor Catur POMDA DIY Tahun 2018

YOGYAKARTA -- Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2018 dengan tema "junjung sportifitas, berprestasi untuk negeri" dibuka oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Prof Dr Djoko Pekik Irianto, M.Kes, AIFO, di GOR Ki Bagoes Hadikusumo Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Selasa (27/11/2018). 

Kegiatan ini dihelat oleh salah satu badan fungsional KONI DIY: Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) DIY. Dan, menjadi salah satu bentuk persiapan menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) tahun 2019, selain juga event-event kejuaraan olahraga di tingkat nasional maupun internasional lainnya.

Adapun untuk cabang olahraga (cabor) catur diadakan di Kampus 4 UAD, Jl Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Bantul, pada Senin (3/12/2018), yang diikuti 43 orang dari 15 Perguruan Tinggi di Yogyakarta.

Ketika membuka lomba cabang olahraga catur, Wakil Rektor III Universitas Ahmad Dahlan (UAD)  Yogyakarta, Dr Abdul Fadlil, MT, mengatakan, kompetisi olahraga mahasiswa daerah menjadi indikator dalam proses pembinaan olahraga prestasi di kalangan mahasiswa.

"Tentu, pembinaan prestasi olahraga itu tidak hanya dipersiapkan untuk level nasional, namun juga diharapkan dapat terus berjenjang hingga tingkat ASEAN," papar Abdul Fadlil, yang menambahkan lomba ini bagian dari olah rasa dan olah pikir.

Namun demikian, dikatakan Abdul Fadlil, prestasi olahraga hendaknya juga seimbang dengan prestasi akademik. "Sehingga komitmen dari KONI DIY dan BAPOMI DIY sebagai pembina olahraga, tidak hanya dapat melahirkan atlet handal, namun juga memiliki prestasi di bidang akademik," harap Abdul Fadlil. 

Ketua Panitia, Dr Dedi Pramono, M.Hum, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada KONI DIY dan UAD yang telah bersedia memfasilitasi acara dan tempat pertandingan cabor catur. 

"Diharapkan kegiatan itu dapat berjalan lancar dan sukses untuk pembinaan prestasi olahraga mahasiswa di DIY," kata Dedi, yang menambahkan kali ini pengalaman pertama UAD Yogyakarta menyelenggarakan lomba catur dan ke depan semoga jauh lebih baik dari peserta dan kualitasnya.

Menyelenggarakan suatu event itu, bagi Dedi, sangat penting untuk mewujudkan amanah KONI DIY dalam membina bidang olahraga di kalangan mahasiswa.

"Sehingga kegiatan semacam ini ke depan akan didesain dan dirancang lebih baik lagi," tambah Danang Sukantar, SPd, MPd, Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD, yang menambahkan untuk bangun kompetensi dan bangun jiwa yang baik dibutuhkan raga yang baik dan sehat.

Lomba cabang olahraga catur POMDA DIY diawali dengan pemindahan bidak catur oleh Wakil Rektor III Dr Abdul Fadlil, MT, disaksikan ketua penyelenggara Dr Dedi Pramono, M.Hum, Danang Sukantar, S.Pd, M.Pd dan wasit catur Jumariyanto, ST, WN, di depan peserta lomba Bintang Lazuardi Benteng Buana Muslim (UII) dan M Kahfi  Maulana (UGM).

POMDA DIY tahun 2018 diikuti 1.657 atlet dari 26 perguruan tinggi anggota BAPOMI DIY yang diadakan pada 26 November 2018 hingga 5 Desember 2018 dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga (cabor): atletik, bola basket, bola voli indoor, bulutangkis, catur, karate, kempo, panjat dinding, pencak silat, renang, tarung derajat dan tenis lapangan. (Affan)