Pencarian Berita


Bulan Teknologi BPTBA LIPI Tahun 2018

Bulan Teknologi BPTBA LIPI Tahun 2018

YOGYAKARTA -- Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BPTBA – LIPI) Jl Yogya-Wonosari KM 31.5 Gading, Playen, Gunungkidul, mengadakan kegiatan Bulan Teknologi tahun 2018 bertemakan “Pengembangan Budaya Iptek Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat“.

Kegiatan kali ke empat itu, dijelaskan ketua panitia, Hendra Herdian, dilaksanakan oleh Panitia Bulan Teknologi BPTBA LIPI Tahun 2018 bersama Seksi Layanan Jasa dan Informasi BPTBA LIPI. Kegiatan Bulan Teknologi BPTBA LIPI berlangsung dari Juni-November 2018 bertempat di Kantor Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI, Jl. Yogya-Wonosari Km. 31,5, Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. 

Adapun puncak acara Bulan Teknologi Tahun 2018 pada  15-17 November 2018 di Taman Pintar Yogyakarta. Pembukaan dilakukan Kepala LIPI Dr. Laksana Tri Handoko, Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti dan Kepala BPTBA LIPI Hardi Julendra, S.Pt, M.Sc. 

Dijelaskan Hardi Julendra, Kepala BPTBA LIPI, kegiatan ini merupakan sarana pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) sekaligus sebagai sosialisasi layanan jasa Iptek kepada masyarakat luas. "Agar masyarakat dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan, yang berada di LIPI, khususnya Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI," kata Hardi Julendra, Jum'at (16/11/2018).

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan Iptek dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan Iptek bagi masyarakat luas, usaha kecil dan menengah, kalangan industri, lembaga pemerintah dan kalangan akademisi-perguruan tinggi.

"Sehingga nantinya dapat meningkatkan peluang kerjasama dengan LIPI dan juga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan jasa ilmu pengetahuan dan teknologi di Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI," papar Hardi Julendra.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh para pemangku kebijakan, lembaga dan instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dinas terkait, mitra kerjasama, sektor UKM (Usaha Kecil dan Menengah), perguruan tinggi, sekolah dan masyarakat umum.

Dalam kegiatan itu ada forum UMKM (hilirisasi makanan tradisional), workshop-seminar "Global Commercialization of Indonesia’s Small Medium Enterprises (SME) for Industry 4.0" dengan tema penguatan UMKM di Indonesia di pasar global untuk mendukung daya saing Indonesia dalam era industri 4.0.

Selanjutnya ada workshop instrument laboratorium untuk umum,seminar kerjasama dengan Bappeda Kabupaten Gunungkidul, festival makanan tradisional dari 100 daerah, database makanan tradisional,lomba poster ilmiah dan film pendek ilmiah tingkat SMA/SMK Nasional,lomba Science Wide Game Tingkat SMA/SMK di Yogyakarta,lomba cipta menu tepung BMC sertapameran produk hasil riset dan kerjasama BPTBA LIPI.

Diadakan pula pertemuan tahunan MBI (Masyarakat Bioenergi Indonesia),FGD (Focus Group Discussion) standarisasi proses pangan,pelatihan pembuatan buku, pelatihan olahan BMC,pelatihan penulisan ilmiah,pelatihan kegiatan IPTEKDA & PN, dan pelatihan ISO 90001 bagi UMKM binaan.

 

Dan, Bulan Teknologi BPTBA LIPI tahun 2018 itu, seperti disampaikan Safitri Widodo selaku Kasie Layanan Jasa dan Informasi BPTBA LIPI, dihadiri lebih dari 6 ribu pengunjung.

(affan)