Pencarian Berita


MUSEUM YPS SUMEDANG GELAR MULUDAN

MUSEUM YPS SUMEDANG GELAR MULUDAN

SUMEDANG -- Dalam rangka memperingati maulid nabi Muhammad saw, momentum ini di jadikan juga peringatan sejarah dengan di gelarnya upacara adat tradisi setiap tanggal 1mulud di lakukan prosesi arak pusaka dan ngumbah 7 pusaka inti(jum'at,9-11-2018).


Ketika di temui R.LUCKY JDAUHARI SOMADILAGA,ketua yayasan nazir wakap sumedang   menjelaskan setiap tahunnya kegiatan ini selalu dilaksanakan agar pusaka pusaka peninggalan dari leluhur sumedang bisa terjaga,terawat, dan lestari.


"Juga di jadikan momentum introspeksi kepada kita semua, setidaknya selain peringatan kepada nabi Muhammad saw, juga pang eling eling untuk kita semua agar bisa menghargai jasa para leluhur sehingga menjadi sejarah berdiri nya sumedang ini, jelasnya".


Dalam upacara adat tersebut tampak hadir perwakilan dari pemda sumedang dan Pemprov Jabar, juga hadir perwakilan kraton solo(mangku negaran), telaga manggung(kerajaan panjalu, kerajaan galuh, yang mulia aceh, dan tamu undangan yang lain nya.

 

Tampak hadir pula Dr.H.EGGI SUDJANA,SH,M.Si caleg DPR RI dapil DKI 2 dari partai PAN, /dewan penasehat PA 212. Ketika di tanya tentang kehadirannya Eggi  menjelaskan, kehadirannya sebagai undangan, dan "kebetulan leluhur saya dari sumedang" katanya dari keturunan mbah jaya perkasa, yang Insya Allah trahan jaya perkasa di jadikan perkasa sehingga berharap presiden 2018 terkabulkan.

 

'Di harapkan ke depan apabila Prabowo jadi presiden pasti saya usulkan hal hal yang bersejarah harus di jaga dan di fasilitasi, sehingga  pemerintahan bisa lebih peka dan care di buktikan dengan anggarannya lebih di perhatikan,tidak seperti sekarang kegiatan ini yang memakai anggaran pribadi dari yayasan pangeran sumedang, tandas nya."


Eggi berharap juga dalam pencalegannya dapat restu dari warga Sumedang, dan bisa menjalin silaturahmi yang baik dengan warga di sini. (Hengky/Gani)