Mon,19 November 2018


Imigrasi Perketat Syarat Pembuatan Paspor

Indofakta 2018-11-09 05:44:51 Hukum / Kriminal
Imigrasi Perketat Syarat Pembuatan Paspor

TASIKMALAYA -- Seiring banyaknya kasus Paspor Palsu yang terjadi di beberapa daerah kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya,Jawa Barat mulai memperketat proses pembuatan paspor, perketat pembuatan Paspor tersebut Guna

Untuk mengantisipasi hal tersebut selain per ketat persyaratan  jajaran Iigrasi kelas II Tasikmalaya juga melakukan upaya dengan menggelar wellcome greating, setiap pagi terutama ketika kunjungan sedang penuh.

Hal tersebut dilakukan agar para pemohon pasport ini lebih mengerti
tentang fungsi pasport dan persyaratan yang harus dipenuhi,selain itu pembuatannya tidak menyuruh kepada orang lain atau agen karena
tidak bisa diwakili, karena mereka yang dipalsukan tersebut di buat
oleh agen agen yang tidak bertanggung jawab.

Upaya tersebut sekaligus lebih memperjelas kepada para pemohon,bahkan
bahasa yang diberikan dalam welcome greating tersebut mengunakan
bahasa sunda agar bisa di mengerti oleh para pemohon termasuk lanjut usia karena mayoritas di kantor imigrasi kelas II Tasikmalaya adalah warga sunda.

Berdasarkan data di Kantor Inigrasi Kelas II Tasikmalaya kebanyakan pemohon untuk pembuatan pasport untuk kebutuhan umroh, dibandingkan untuk kebutuhan tenaga kerja
indonesia ke luar negri sangat kurang.

Menurut Kasi Dokumen Ijin Tinggal Keimigrasian Angga Purnama Kamis(08/10/2018) mengatakan,"upaya dari kami adalah memperketat persyaratan ya,selain persyaratan utama seperti KTP,Ijazah,dan Akta Kelahiran Ujarnya.

Angga Purnama menambahkan,"selain persyaratan itu para pemohon agar memiliki surat pemohon dari Desa atau Kelurahan setempat,selain itu kita juga adakan sosilisi kepada para pemihon dan sampai saat ini kita belum temukan paspor yang di palsukan Paparnya.


Pihaknya juga menggimbau kepada masayarakat jangn percaya dan terbuay kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu salasatu Pemohon Di Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya Yudip (34)mengatakan,"masalah Khawatir sih ada,Namun kita melakukan pembuatan Pasport ini langsung beda dengan menggunakan jasa orang lain Ujarnya.

Lebih lanjut Yudip menuturkan,"dan menurut saya mening langsung datang ke sini dan persyaratanya juga nga ribet serta pelayanan yang terima serta Pada Ramah tuturnya.

Selain melakukan upaya welcome greating setiap hari, kantor imigrasi
tasikmalaya juga terus melakukan sosialisasi ke seluruh elemen masyarakat, termasuk kepada pihak sekolah/ karena selama ini banyak yang belum mengetahui fungsi dari  imigrasi. (Andri)

Berita Terkait