Mon,19 November 2018


Warga Gane Barat Halsel Ikut Program Kecakapan Wirausaha

Indofakta 2018-11-06 18:27:39 Serba Serbi
Warga Gane Barat Halsel Ikut Program Kecakapan Wirausaha

HALMAHERA SELATAN - Sebanyak 20 warga Desa Dolik Kecamatan Gane Barat Utara mendapat bimbingan cara pembuatan minyak goreng dari kelapa dalam. Kegiatan pembinaan kecakapan wirausaha itu dilaksanakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Thabasail, bertempat di Desa Dolik, akhir pekan lalu. 


Ketua PKBM Thabasail, Nasir M kepada media ini, Selasa (6/11/2018) mengatakan, kegiatan pembinaan kewirausahaan pembuatan minyak goreng kelapa dalam ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta khususnya usia produktif dalam memanfaatkan potensi sumber daya disekitar lingkungan kehidupan, dapat memotivasi warga masyarakat usia produktif disekitar lingkungan kehidupan dalam memanfaatkan serta dapat meningkatkan pendapatan keluarga, dan dapat meningkatkan kembali pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki masyarakat serta mengurangi serta memperkecil angka penduduk penganguran dan penduduk miskin. "Kemiskinan dan pengangguran masih menjadi masalah penting yang harus ditangani dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia saat ini, meskipun dalam beberapa tahun terakhir angka kemiskinan dan pengangguran mengalami penurunan. Keadaan tersebut akan memberikan beban tersendiri bagi pemerintah. Karena itu dengan kegiatan ini dapat mendorong peningkatan semangat kewirausahaan di masyarakat,"tandasnya. 


Kegiatan seperti ini, juga untuk bagaimana dapat meningkatkan semangat kewirausahaan guna menekan permasalahan sosial yang muncul akibat dari pengangguran yang dialami masyarakat. "Jadi peserta diberikan bimbingan agar bagaimana bisa mengelola kelapa dalam menjadi minyak goreng untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"tandasnya. Kegiatan ini kata dia, diharapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sementara itu, Asnawi Ahmad, salah satu peserta mengaku bersyukur mendapatkan bimbingan kewirausahaan seperti ini. "Luar biasa kegiatan ini. Banyak pengetahuan yang kita peroleh terkait dengan bagaimana mengelola kelapa dalam menjadi minyak goreng,"akunya. (Iron)

Berita Terkait