Tue,13 November 2018


Tentang Sekda Kota Bandung, Serahkan Kepada Mang Oded

Indofakta 2018-10-29 18:08:43 Daerah
Tentang Sekda Kota Bandung, Serahkan Kepada Mang Oded

BANDUNG – Sekretaris Jenderal Lsm Manggala Garuda Putih, Taufik Hidayat mengatakan, sudah seharusnya legowo dengan penolakan Walikota Bandung terhadap Benny Bachtiar untuk duduk sebagai Sekda Kota Bandung. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menunjuk seseorang  karena Oded M. Danial  yang tahu apa yang mesti diperbuatnya untuk Kota ini ke depan. 

Menurut Taufik Hidayat yang akrab disapa Aa Bandung itu kepada indofakta.com (29/10/2018), Bagaimana ya kalau sesuatu dipaksakan yang gak nyambung, hasil akhirnya pasti jauh dari maksimal. Mang Oded (sapaan akrab Oded M. Danial) sudah menunjuk satu nama ke Mendagri, mari kita junjung dan dukung bersama sepenuhnya agar semuanya berjalan dengan baik. "Jangan perintah Mang Oded kalau dia sudah menolak, serahkan saja kepadanya. Sebagai Walikota Bandung, beliau harus didukung bukan diperintah untuk sesuatu yang tidak dibutuhkannya, " ujar pria berbadan tegap itu.

Sebagai Gubernur Provinsi Jawa Barat hendaknya memahami alasan dan pertimbangan Walikota Bandung sehingga menolak nama tersebut. Ridwan Kamil sudah bersama dengan Mang Oded memimpin Bandung, tentu sudah tahu karakteristiknya. 

Secara formal sudah jelas. Mendagri melalui Dirjen Otda Soni Sumarsono melalui surat Nomor 800/8396/OTDA dengan sifat : Sangat Segera, Hal : Tanggapan Penggantian Penetapan JPTP Pratama Sekretaris Daerah Kota Bandung  tertanggal 19 Oktober 2018 dengan jelas pada alinea keempat, “... Namun apabila Walikota Bandung akan mengganti nama calon Sekretaris Daerah Kota Bandung dengan nama yang lain agar dikoordinasikan dahulu dengan Gubernur sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan tersebut di atas." Gubernur Jawa Barat dalam Surat Nomor : 800/8424/BKD ; Sifat : Segera ; Hal : Tanggapan Penggantian Penetapan JPT Pratama Sekretaris Daerah Kota Bandung tertanggal 25 Oktober 2018 bukan meneruskan Surat Mendagri Nomor : 800/8396/OTDA tanggal 18 Oktober 2018 melainkan berpijak pada Surat Mendagri Nomor : 821/781/OTDA tanggal 1 Oktober 2018. Pada butir 2 tertulis : "2. Sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 821/781/OTDA tanggal 1 Oktober 2018 Hal Pelaksanaan Pelantikan Sekretaris Daerah dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lainnya di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bandung, Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat diminta untuk memerintahkan Wali Kota Bandung untuk melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sesuai dengan yang sudah direkomendasikan."

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Kajian Hukum Lsm Monitoring Community Jawa Barat, Aan Kandar Karnawan. Menurutnya, Oded tidak perlu terbawa ke ranah polemik dan pertentangan mengenai Sekda Kota Bandung, harus tetap pada pendirian. Sekali menolak, tetap menolak, tegasnya.

“Ujung pertanyaannya siapa yang berwenang dan yang akan memakai Sekda. Tentunya Walikota. Dan mari kita serahkan dan dukung siapapun pilihan dan selera Mang Oded. Karena Mang Oded yang akan menggunakan Sekda itu,” jelas Aan.

Hingga kini belum diperoleh informasi apakah Surat Walikota Bandung tentang Nama Sekda yang diajukannya telah diterima Mendagri. (Y CHS).

Berita Terkait


 Terbaru