Mon,19 November 2018


Ribuan Warga Jabar Peringati Hari Jantung

Indofakta 2018-10-28 13:16:55 Nasional
Ribuan Warga Jabar Peringati Hari Jantung

BANDUNG - Ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Barat, ikut meramaikan senam sehat dalam memperingati Hari Jantung Sedunia.

Selain itu, dengan para peserta yang mengenakan baju merah putih juga, sebagai bentuk partisipasi Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. 

"Kegiatan ini merupakan hajat dunia yaitu Hari Jantung Sedunia, dengan 3 ribu peserta dari berbagau daerah di Jabar. Kami berharap dapat meningkatkan kesehatan jantung bagi masyarakat," ungkap Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Utama Jabar, Ratu Runiyah Jayakusumah pada sela-sela kegiatan di Gor Padjajaran, Kota Bandung, Minggu (28/10).

Menurutnya penyakit jantung saat ini, malah banyak dialami oleh generasi muda. Karena dengan pola hidup tidak sehat dan suka mengkonsumsi makanan junk food dan rokok.

"Maka kami meminta kepada masyarakat khususnya pemuda -pemudi agar sering berolahraga dan pola hidup sehat. Termasuk menjauhi hal-hal yang berdampak negatif kepada tubuh," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Original Rekor Indonesia (ORI), Guruh Suranto mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti ribuan peserta tersebut masuk kategori Apresiasi Rekor Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan salah satu contoh positif yang dapat diikuti oleh setiap daerah di Indonesia. Sehingga masyarakat dapat tercegah dari penyakit yang berpotensi menyebabkan kematian ini," ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi akan langkah ini, walaupun sebenarnya untuk pemecahan rekor sudah ada sebelumnya di Cimahi tapi tetap dengan yayasan yang sama yaitu Yayasan Jantung Indonesia.

Salah satu peserta, Maulani Hudayati Surya (39) berharap kegiatan ini dilakukan secara rutin karena memberikan dampak positif terutama untuk kesehatan. 

"Ini sangat positif dan ingin rutin karena saya juga cukup sering olahraga. Apalagi dengan dukungan kepada Hari Jantung Sedunia," tambahnya.(Saifal)

Berita Terkait