Mon,19 November 2018


Lima Ribu Anggota KJS Ramaikan WHD

Indofakta 2018-10-26 13:10:56 Kesehatan
Lima Ribu Anggota KJS Ramaikan WHD

BANDUNG  - Sedikitnya 5000 (lima ribu) anggota Klub Jantung Sehat ( KJS) se - Jawa Barat akan tumpah ruah memenuhi lapangan Pajajaran kota Bandung, dalam rangka memperingati hari Jantung se - dunia World Heart Day/WHD, Minggu 28 Oktober 2018 tingkat Provinsi Jawa Barat.

Rilis yang diterima indofakta (26/10/2018) mengabarkan, Para anggota akan mengenakan seragam nuansa merah putih, datang dari KJS-KJS akan melaksanakan Senam Jantung Sehat (SJS) Seri 3 dan VI, serta senam lainnya.

Menurut Dra. Ratu Runia Ketua Yayasan Cabang Utama (YJI Cabut) Jawa Barat bahwa, "WHD yang jatuh pada 29 September merupakan yang ke - 2 digelar di Kota Bandung tingkat Provinsi Jabar. Sebelumnya pada tahun 2004 WHD diperingati secara bergantian dan pada tahun ini ada 2 Provinsi selain Jabar. Untuk tahun 2018 ini diperingati pada tanggal 28 Oktober 2018."

Nia mengatakan peringatan WHD selain melaksanakan senam yg di ikuti KJS - KJS, turut serta juga Klub Jantung Remaja (KJR), pemeriksaan kesehatan dan donor darah. Setiap peserta yang hadir berhak mendapatkan gantungan Kunci Jantung Sehat tercantum no. urut yang akan diundi pada saat door prize, usai acara pokok.

Masih menurut Nia Ketua YJ, Hirarki YJI membawahi Badan Pelaksana Klub Jantung (BPKJ) dari Tingkat Pusat hingga Tingkat Kota/Kabupaten yang membawahi Korcam yakni  KJS-KJS di Tingkat Kecamatan.

"Kegiatan rutin yang dilakukan KJS-KJS adalah Senam Jantung Sehat dipandu pelatih/instruktur yang telah mengikuti pendidikan pelatih. Senam j
Jantung Sehat dilakukan dengan teratur, terukur dan terstruktur agar kebugaran terjaga SEHAT menurut jantung sehat (Seimbang Gizi, Enyahkan Rokok, Hindari dan lawan stress, Awasi Denyut nadi, teratur berolahraga)," tutur Nia.

Nia menambahkan, "Jantung merupakan penyakit yang tidak menular, namun sampai saat ini penyakit tersebut, angka kematiannya masih cukup tinggi dibandingkan dengan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, kanker tumor dan lainnya. Makanya rajinlah berolahraga raga minimal 3 kali dalam 1 Minggu dengan durasi 45 menit sampai 1 jam," himbaunya.

Sementara Ketua Panitia Ir. H. Adang Kosasih Achmad MM mengatakan, bahwa rangkaian peringatan WHD selain senam Jantung Sehat yang merupakan acara pokok, dimeriahkan, dengan pencak silat, rampak gendang dan marching band menampilkan Siswa/siswi.

Pada peringatan WHD para peserta yang hadir  baik peserta umum, KJS dan Vvip akan membubuhkan tandatangannya pada spanduk sepanjang 50 m dengan "Ikrar Kebulatan Tekad Rakyat Jawa Barat" dalam rangka mensyukuri anugerah Allah SWT" bertekad untuk berusaha semaksimal mungkin berprilaku hidup sehat, dengan memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung antara lain melakukan senam terarah, teratur dan terstruktur," terangnya.

"Peringatan WHD rencananya akan dihadiri, Gubernur Jabar, Dispora, Walikota Bandung, FORMI Jabar, Cabor Organisasi Olahraga Rekreasi lainya," jelas Adang. (Y CHS).

Berita Terkait