Tue,13 November 2018


Bupati KBB Bantah Terima Uang, Caca Permana Terancam Buat Keterangan Palsu

Indofakta 2018-10-15 19:42:44 Hukum / Kriminal
Bupati KBB Bantah Terima Uang, Caca Permana Terancam Buat Keterangan Palsu

BANDUNG - Bupati KBB (Kabupaten Bandung Barat) Terpilih membantah menerima uang dari Weti Lembanawati melalui Caca Permana. Padahal Caca Permana yang beberapa kali memberikan uang kepada Aa Umbara Sutisna dan dicatat olehnya serta ada dalam  BAP (Berita Acara Pemeriksaan) yang diperoleh Penyidik/Penuntut Umum KPK sewaktu melakukan OTT di KBB yang menjadikan 4 orang terdakwa. 

Hal tersebut terungkap dari sidang lanjutan pemeriksaan perkara Hasil OTT KPK di KBB (15/10/2018). Penyerahan uang oleh Caca Permana adalah perintah Weti Lembanawati kepada Aa Umbara Sutisna sewaktu  menjabat sebagai Ketua DPRD KBB. Di hadapan sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Fuad Muhammadi, SH., MH itu, Hakim berkali - kali mencoba mengorek keterangan dari Aa Umbara Sutisna, Bupati KBB itu bersikukuh tidak menerimanya. Demikian juga dengan Caca Permana. Dirinya tetap pada keterangan bahwa telah memberikan uang sebesar Rp255 juta yang diterima Aa Umbara Sutisna pada tahun 2015, meski dengan resiko akan diancam pidana membuat keterangan palsu oleh Hakim Anggota Rodjai S. Irawan, SH. 

Sebelumnya Penuntut Umum KPK telah mengingatkan tentang Pasal 21 dan Pasal 22 UU No. 31 Tahun 1999 Sebagaimana Dirubah dan Ditambah dengan UU No. 20 Tahun 2001 Tentang PTPK, Aa Umbara Sutisna tetap pada keterangannya.

Dalam paparannya, PU KPK menjelaskan bahwa terdapat penyerahan uang kepada Aa Umbara oleh Caca Permana tahun 2015. Pegawai pada Disindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) KBB yang menjadi bawahan Weti Lembanawati, sebagai Kadis Indag. Pemaparan itu sebelumnya juga sudah diperiksa pada sidang perkara suap dengan terdakwa Asep Hikayat (18/7/2018). Caca menerangkan bahwa tulisan tangan yang kurang jelas itu telah dituangkan dalam BAP. Berikut ini uraian penyerahan uang tersebut : 1. Sebesar Rp100 juta diterima Ketua DPRD bertempat di Lembang yang tanggalnya lupa pada Januari tahun 2015, 2. Sebesar Rp20 juta diterima oleh Ketua DPRD KBB melalui supirnya bernama Kolbar juga pada Januari 2015. 3. Sebesar Rp75 juta diterima oleh Ketua DPRD KBB melalui ajudannya di Hotel Topas Kota Bandung pada tanggal 20/1/2015, 4. Sebesar Rp25 juta diterima Ketua DPRD KBB melalui ajudannya di Kantor Desa Lembang pada tanggal 21 Januari 2015, 5. Sebesar Rp35 juta diterima Ketua DPRD KBB melalui seorang yang bernama Aep bertempat di Cisarua Lambada pada tanggal 30 Januari 2015. Total yang diserahkan sebesar Rp255 juta.

Sementara itu dalam sidang lanjutan pemeriksaan perkara dengan Weti Lembanawati, Adyoto dan Abubakar sebagai terdakwa, selain menghadirkan Aa Umbara Sutisna, juga mendengar keterangan saksi Maman Sulaiman Sunjaya, Asep Wahidin Sudiro, Afira N, Tommy Mulyawan. Sidang akan dilanjutkan Senin depan dengan agenda pemeriksaan saksi lainnya dan bukti. (Y CHS).

Berita Terkait


 Terbaru