Pencarian Berita


Pembebasan Lahan Untuk Infrastruktur Jalan dan Pasar Tuntas Tahun ini

Pembebasan Lahan Untuk Infrastruktur Jalan dan Pasar Tuntas Tahun ini

HALMAHERA SELATAN - Pembebesan lahan untuk pembangunan jalan di beberapa titik dan lahan pembangunan pasar Modern dipastikan tuntas tahun. Demikian disampaikan Kabid Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Halmahera Selatan (Halsel), Itosea Ladjame kepada media ini, Minggu  (23/9/2010). 

 

Menurutnya, program pembangunan infrastruktur khususnya jalan dan pasar modern menjadi prioritas dari Pemda Halsel diawal kepemimpinan Bupati, karena itu kesiapan lahan harus diselesaikan segera. Dan untuk pembebasan lahan oleh bagian Aset BPKAD kata Itosea telah lakukan.

 

"Kalau untuk lahan pembangunan pasar sudah selesai. Begitu juga beberapa titik jalan yang juga sebagian sudah selesai pembebasan lahannya seperti ruas jalan Labuha - Panamboang,"terangnya. 


Menurut dia, yang terisa tinggal ruas jalan Papaloang - Towakona yang sementara diproses pembebasan lahannya.

 

"Sudah ada negosiasi dengan pemilik lahan tinggal realisasi pembayarannya,"terangnya.


Dikatakan, untuk ruas jalan ini, alokasi anggarannya sebesar Rp2,1 miliar yang akan direalisasikan pembayarannya pada APBD Perubahan 2018 ini.

 

" Di anggaran perubahan ini akan diselesaikan sebab sudah dianggarkan. Sebenarnya di APBD Induk sudah dianggarkan cuman belum direalisasikan,"tukasnya.

 

Untuk pembebasan lahan di tahun 2018 ini memang difokuskan pada pembangunan infrasktruktur jalan dan pasar modern serta perluasan bandara.

 

"Itu yang harus diselesaikan tahun ini,"ujarnya. 


Penyelesaian pembebasan lahan khususnya untuk pembangunan jalan dan pasar modern ini menjadi urgen dan harus tuntas tahun ini sebab sudah menjadi urgen untuk  pembangunan infrastruktur pasar yang representatif dan mendesak untuk menggenjot pertumbuhan dan menjamin pemerataan pembangunan.

 

"Jadi Proyek infrastruktur ini bertujuan membuka daerah isolasi agar distribusi logistif dan kebutuhan dasar lainnya dapat lebih lancar lagi,"pungkasnya. (Iron)