Tue,16 October 2018


KPU Simalungun Tetapkan 482 Calon Anggota DPRD Pemilu 2019

Indofakta 2018-09-20 19:53:41 Politik
KPU Simalungun Tetapkan 482 Calon Anggota DPRD Pemilu 2019
SIMALUNGUN -- KPU Simalungun tetapkan 482 Calon anggota DPRD Simalungun Pemilu 2019 dalam rapat pleno terbuka Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) di Aula KPU Kabupaten Simalungun,  Jalan Jhon Horailam, Pematang Raya, Kamis (20/9)) sekira Jam 14.30 wib.

   

Hal tersebut diutarakan Ketua KPU Simalungun, Adelbert Damanik ST didampingi rekannya, 4 Komisioner KPU, bahwa salah satu bakal calon legislatif terindikasi kasus korupsi.

    

“Saat kita periksa nama dan berkas bacaleg, satu orang terindikasi kasus korupsi dari Partai Hanura cuma yang bersangkutan atau Parpol tidak mempersengketakan kepada Bawaslu Simalungun,”ujarnya.

    

Selain itu, pihaknya juga membatalkan seluruh Bacaleg Partai Perindo dari dapil IV lantaran tidak memenuhi ketentuan keterwakilan perempuan.

    

“Tidak hanya itu, kita membatalkan satu dapil yaitu dapil IV dari bacaleg partai Perindo karena masalah kelengkapan berkas dan tidak memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen,”sebutnya.

   

Ditambahkannya, bahwa dari DCS Partai PAN ada penambahan ke DCT.”Dari DCS ke DCT Partai PAN bertambah 3 caleg. Hanya itu yang berubah,”katanya.

    

Masih Adelbert Damanik menjelaskan terkait PKPU No 20 tahun 2018 dalam pasal 4 ayat 3 berbunyidalam seleksi bakal calon secara demokratis dan terbuka sebagaimana dimaksud pada ayat (2), tidak menyertakan mantan terpidana Bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan korupsi.

    

“Mengenai caleg terpidana kasus koruptor itu kita sudah menerimaSurat Edaran (SE) KPU RI Nomor 1095, tentang putusan Mahkamah Agung (MA) yang memperbolehkan eks koruptor mencaleg,”terangnya.

     

Ketua Bawaslu Simalungun, M Nazlan Choir Nasution MPd dalam rapat pleno tersebut menyarankan sebelum menandatangi draft alangkah baiknya para parpol memeriksa nama caleg.

     

“Kami sarankan kepada Parpol supaya memeriksa nama-nama caleg yang akan ditetapkan, karena nama-nama inilah yang akan dibuat kedalam kertas suara dan saran kami kepada Parpol pada saat masa kampanye mari kita berkampanye, jangan berkampanye diluar tahapan,”imbuhnya.

   

Choir Nasution meminta Parpol agar sama-sama melakukan pencermatan DPTdemi terwujudnya DPT yang sempurna.”Marilah kita sama-sama mencermati DPT ini, Parpol tolonglah cermati supaya nanti DPT ditetapkan tidak ada lagi yang complain,”pintanya.

    

Sambung Choir Nasution mengharapkan KPU Simalungun melaksanakan tahapan Pemilu tahun 2019 dengan professional.

   

”Kita harapkan kedepan KPU Simalungun jangan ada lagi Potensi masalah atau temuan yang menjadi pelanggaran administrative bahkan pelanggaran kode etik,”harapnya.

    

Mewakili Parpol,Ilham Lubis dari Partai PAN, para caleg yang sudah ditetapkan mengajak agar tidak saling menjatuhkan tetapi saling berjuang menunjukkan programnya.

   

“Kita berterimakasih kepada KPU karena hari ini akan ditetapkan DCT, jadi para caleg di dapil masing-masing mohonlah jangan saling menjatuhkan dan mengadu-dombakan tetapi mari kita berjuang tunjukkan yang terbaik kepada masyarakat melalui program yang sudah disusun,”singkatnya.(Gir)

 

 

Berita Terkait