Pencarian Berita


Amankan Pemilu 2019,Polres Simalungun Siapkan 855 Personil

Amankan Pemilu 2019,Polres Simalungun Siapkan 855 Personil
SIMALUNGUN --  Dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2019. Polres Simalungun siapkan 855 personil saat selenggarakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat mantap brata 2018 di Lapagan Apel Mapolres Simalungun, Pematang Raya, Rabu, (19/9) sekira Jam 09.30 wib.

   

Upacara Apel tersebut dipimpin langsung Kapolres Simalungun, AKBP M Liberty Panjaitan, SIK,MH, dengan Perwira Apel, Kabag Ops Kompol Hendrik Situmorang, MM dan Komandan Apel, Kapolsek Raya AKP R Sinaga.

    

Adapun tujuan apel tersebut dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan kelapangan untuk melaksanakan pengamanan, dengan demikian Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancer dan damai.

   

Kapolres Simalungun, AKBP M Liberty Panjaitan SIK,MH menerangkan bahwa dalam pesta demokrasi, Polri akan mewujudkan adanya jaminan keamanan dalam penyelenggaraan berbagai agenda demokrasi.

    

“Dalam tahapan pesta demokrasi Pemilu 2019 kita tetap jamin keamanan kegiatan seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik guna memilih Kepala Daerah, Anggota Legislatif, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI,”ujarnya.

     

Oleh karena itu, lanjut AKBP M Liberty Panjaitan, bangsa Indonesia akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilu tahun 2019 yang tahapannya tengah berlangsung saat ini. Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas.

    

“Karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.Tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan melalui konflik sosial ditengah kehidupan bermasyarakat,”sebutnya.

       

Sambung Kapolres Simalungun mengatakan melalui apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2018 ini juga untuk meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri yang kondusif diwilayah Kabupaten Simalungun.

   

“Operasi Mantap Brata 2018 ini dilaksanakan selama 397 hari terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2018 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personil Polri. Kalau Polres Simalungun sendiri, saya siapkan 855 personil,”terangnya.

   

Dalam amanat Kapolri RI yang dibacakan AKBP M Liberty Panjaitan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya agar memperkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri.

   

Dimana sinergitas itu guna mewujudkan pemilu yang aman, lancer dan damai, jaga netralitas Polri dan TNI serta hindari tindakan yang dapat menciderai netralitas TNI dan Polri dalam tahapan pemilu.

    

“Kedepankan langkah proaktif dengan deteksi dini untuk upaya pencegahan, dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, Media, tokoh masyarakat serta pengawas pemilu Independen, gelorakan deklarasi pemilu damai  dan penegakan hukum secara professional dan proporsional,”tekannya.

    

Usai Apel gelar dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan sikap seluruh warga Kab Simalungun siap mensukseskan pemilu damai tahun 2019 dengan menolak politik uang, tolak isu sara, dan tolak ujaran kebencian.

    

Turut hadir dalam Apel gelar pasukan OPS Mantap Brata 2018, Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga, MSi, Wakil Ketua DPRD Kab Simalungun Ir Rospita Sitorus, Mewakili Kejaksaan Negeri Simalungun, Komisioner KPU Kab Simalungun, Bawaslu Kab Simalungun.

     

Pimpinan/utusan Parpol di Kab Simalungun, FKUB Kab Simalungun diwakili Albert Sinaga, MPd, Ketua MPC PP Simalungun Suriawan, SH, Ketua MPC IPK Kab Simalungun Rudolf Girsang.

    

Seluruh Personil Polres Simalungun dan Polsek sejajaran, Personil Brimob Kompi 2/B Pematang Siantar, Personil Kodim 0207 Simalungun, Personil Den Pom Pematang Siantar, Satpol PP Kab Simalungun, Perwakilan OKP di Kab Simalungun.(Gir)