Pencarian Berita


Kasus Korupsi, 13 PNS Pemkab Simalungun Dipecat

Kasus Korupsi, 13 PNS Pemkab Simalungun Dipecat

SIMALUNGUN -- Sebanyak 13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintahan Kabupaten Simalungun diberhentikan secara tidak hormat alias dipecat karena kasus korupsi.

 

Hal tersebut diutarakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Simalungun, Drs Gideon Purba saat dikonfirmasi disekitar Kantor Bupati, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Senin (17/9) sekira Jam 16.00 wib. 
   

Namun Pemkab Simalungun masih melengkapi berkas putusan Pengadilan yang sudah berkekuatan hukum untuk diserahkan ke BKN 6 Medan.


“Ya ada 13 PNS dipecat karena terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi (Tipikor), tapi ini masih proses karena BKN  Medan meminta putusan incrah dari Pengadilan Negeri (PN) supaya dimasukkan kedalam pemberhentian secara tidak hormat agar sempurna tidak ada masalah,”ujarnya.
  

Masih Gideon Purba mengatakan bahwa pemecatan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP), bila putusan sudah incrah. 
  

“Ini boleh dilaksanakan karena di Pasal 250 PP No 11 tahun 2017 juga mengatakan pemberhentian PNS dengan tidak hormat apabila PNS melakukan korupsi dan dipidana penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (Incrah),”terangnya.
   

Saat ditanyai lebih lanjut, Sekda mengelak memberitahukan nama-nama ke 13 PNS yang dipecat tersebut.”Kalau nama-namanya aku ngak ingat semua, diantaranya ada JWS, LD (Sekretaris Dinkes),”elaknya. (Gir)