Pencarian Berita


Danramil Tempel Bekali Siswa Menjadi Pelopor Disiplin di Sekolah

Danramil Tempel Bekali Siswa Menjadi Pelopor Disiplin di Sekolah

SLEMAN -- Guna menanamkan rasa kedisiplinan terhadap tata tertib yang sudah diberlakukan oleh pihak sekolah selaku penyelenggara pendidikan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Tempel, Sleman, menggelar kegiatan wasbang bagi para siswa tahun 2018 di aula sekolah setempat.

Sebagai pemateri pihak sekolah mengundang Danramil Koramil 04/Tempel, Kapten Inf Wajiyana. Pada kesempatan itu, Danramil Tempel menjadi instruktur dan penyaji materi dalam acara yang berlangsung Kamis (13/9/2018).

Kepala Sekolah MAN 5 Tempel di sela-sela acara itu menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program dalam rangka menanamkan dan menerapkan kedisiplinan cara hidup bagi kebutuhan terhadap regenerasi angota MAN 5 Tempel.

Para siswa pada kesempatan itu dibekali beberapa materi yang disampaikan anggota Danramil Tempel, di antaranya tentang menjadikan pola hidup berdisiplin di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. "Agar para siswa mempunyai pedoman dalam melaksanakan belajar, menaati peraturan yang dibuat oleh pihak sekolah dan lingkungan di luar sekolah serta menghindari adanya pelanggaran," kata Kapten Inf Wajiyana, Danramil Koramil 04/Tempel, yang menambahkan hal itu tentunya dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Upaya ini dilakukan, menurut Danramil Tempel, sekaligus untuk mencetak kader disiplin bagi siswa yang lain. "Diharapkan dengan terserapnya materi yang disampaikan itu, nantinya bisa jadi bekal dan pedoman serta menjadi pelopor gerakan disiplin di lingkungan sekolah bagi siswa yang lain," kata Kapten Inf Wajiyana.

Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah MAN 5 Tempel ucapkan terimakasih kepada Danramil Tempel yang sudah meluangkan waktu untuk membantu upaya pihak sekolah dalam melaksanaan pembinaan kepada siswa.

"Ke depan, tentunya masih banyak program yang memerlukan pendampingan dari pihak Koramil Tempel sebagai unsur pembinaan bagi para siswa," harap Kepala MAN 5 Tempel.

Sementara itu, Pelda Sunardi, Bati Komsos Koramil 04 Tempel, selaku penyaji materi kepada para siswa mengatakan, siswa sekolah harus mempunyai karakter dan kepribadian serta jati diri yang menunjukkan sikap beretika.

"Materi yang saya sampaikan nantinya agar betul-betul dipahami dan selanjutnya bisa terserap sehingga menjadikan bekal dan pedoman dalam melaksanakan sistem belajar di sekolah," kata Pelda Sunardi, yang berharap hal itu juga diamalkan di luar lingkungan sekolah dan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Bagi Pelda Sunardi, para siswa untuk bisa budayakan rasa malu jika telah melakukan pelanggaran maupun kesalahan. "Jangan malah sebaliknya, seolah-olah menjadi bangga dengan kesalahan dan pelanggaran yang sudah diperbuat," papar Pelda Sunardi.

Diharapkan, aturan yang ada dan diciptakan itu untuk ditaati dan dipatuhi. "Ambil beberapa pengalaman yang baik sebagai guru yang berharga dan jangan berusaha meniru budaya negatif yang berdampak buruk, jauhi pergaulan yang dapat menjerumuskan cita-cita dan harapan sehingga sebagai siswa betul-betul fokus berpikir untuk belajar," jelas Pelda Sunardi

Sebagai siswa, dikatakan Pelda Sunardi, tentunya guru merupakan orang tua selama di sekolah. "Hormati semua pengajar yang ada di sekolah karena itu merupakan orang tua yang telah berjasa dengan memberikan ilmu dan pengetahuan bagi para siswa," kata Pelda Sunardi, yang menerangkan di rumah ada orang tua yang tentunya tak kalah perannya dengan guru di sekolah. "Jasa orangtualah yang selama ini sudah memberikan banyak hal kepada kita semua, hormati orang tua di rumah dan hormati guru di sekolah, niscaya akan mendapat kesuksesan untuk mengantarkan dalam menggapai cita-cita dan harapan," pungkasnya. (Ds/Affan)