Fri,19 October 2018


KPU Simalungun Cermati Puluhan Ribu DPT Ganda

Indofakta 2018-09-13 20:49:18 Politik
KPU Simalungun Cermati Puluhan Ribu DPT Ganda
SIMALUNGUN -- KPU Simalungun cermati 20853 pemilih Ganda yang ada di 32 Kecamatan se-Simalungun dan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Selain itu KPU juga mencermati Pemilih yang memenuhi Syarat (MS) namun belum terdaftar dalam DPT.

    

Oleh karena itu, KPU Simalungun gelar Rapat pleno terbuka penepatan DPT Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum tahun 2019 di Hotel Sing A Song, Kabupaten Simalungun, Kamis (13/9) sekira Jam 09.00 wib.

    

Ketua KPU Simalungun, Adelbert Damanik dalam kata sambutannya mengatakan bahwa hasil Pencermatan DPT itu akan dimasukkan kedalam system informasi data pemilih (Sidalih) serta hasilnya akan ditetapkan dalam rapat pleno DPTHP.

    

“Baru kali ini ada DPT Hasil Perbaikan secara nasional, sebelumnya dalam pemilihan jika DPT sudah ditetapkan maka tidak ada lagi perbaikan, jadi karena ada temuan Bawaslu pemilih ganda jadi kita melakukan pencermatan DPT untuk sinkronisasi dan hasilnya kita tetapkan,”ujarnya.

    

Masih Adelbert Damanik mengatakan bahwa DPT yang ganda di Kabupaten Simalungun berdasarkan temuan Bawaslu sebanyak 20853 pemilih.

    

“Pencermatan mulai semalam kita lakukan terhadap 20853 pemilih yang ganda, namun sampai saat ini masih 10 Kecamatan yang sudah selesai proses masukkan ke sidalih, karena tadi malam arus listrik padam sehinga proses penginputan lemot,”katanya.

    

Untuk itu jajarannya PPK masih mencari alamat dan pemilih yang ganda untuk mengklarifikasi langsung kepada yang bersangkutan terkait kebenaran data tersebut.

    

“Kita berharap PPK dapat menyinkronkan data sebenarnya semoga 22 Kecamatan lagi hari ini dapat diproses ke Sidalih, demi penyempurnaan DPT dan Pemilu tahun 2019 yang berkualitas,”harapnya.

    

Komisioner Bawaslu Simalungun, Michael Richard Siahaan SH mengatakan bahwa terkait temuan Bawaslu tersebut merupakan PR bersama mencermati DPT langsung turun kelapangan menemui pemilih ganda maupun yang MS tetapi belum terdaftar di DPT.

    

“Ini PR Kita bersama atas temuan DPT ganda oleh Bawaslu RI sesama penyelenggaran KPU maupun Bawaslu serta Parpol saling bersinergi untuk sinkronisasi DPT,”ucapnya.

    

Lanjut Michael Siahaan menerangkan bahwa temuan kegandaan yang dimaksud ialah ganda yang identik yaitu NKK dan NIK sama.

   

“Ganda Identik ialah semua sama baik NKK maupun NIK, ganda NIK sama namun NKK beda, ada NIK beda tapi NKK sama, NIK, nama dan tanggal lahir yang sama tapi alamat beda. Selain ganda ada juga temuan TNI/Polri masuk DPT, Belum Cukup umur dan Meninggal Dunia serta Pindah Domisili,”terangnya.

     

Dalam rapat pleno DPTHP tersebut juga turut hadir, berbagai Pengurus Parpol, Kapolres Simalungun diwakili Kasat Intel, perwakilan Disdukcapil Simalungun, PPK serta Panwascam se Simalungun.(Gir)

 

 

 

 

Berita Terkait


 Terbaru