Pencarian Berita


Pilkades Serentak di Halsel Bulan November

Pilkades Serentak di Halsel Bulan November

HALMAHERA SELATAN - Pemda Halmahera Selatan (Halsel) memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang kedua akan dilaksanakan November mendatang. 

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halsel, Bustamin Soleman dikonfirmasi Kamis (6/9/2018) mengatakan, Pemda telah menetapkan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak bulan November.

 

"Kita sudah rapatkan dengan DPRD juga dan sudah disepakati dilaksanakan bulan November,"terangnya. 


Meski begitu, tanggal pelaksanaannya belum ditetapkan. "Tapi yang jelas bulan November, cuman tanggalnya kita belum tentukan,"tandasnya.

 

Sebenarnya pelaksanaan Pilkades kata dia, tinggal menunggu realisasi pembiayaan honor para KPPS dan Hansip serta anggaran pengamanan. 
Pihaknya sudah mengusulkan dan sudah disetujui akan direalisasikan anggaran tersebut pada APBD Perubahan ini. Untuk anggaran honor KPPS dan Hansip diusulkan Rp184 juta sedangkan biaya pengamanan sebesar Rp230 juta.

 

"Tinggal dua item ini, kalau sudah cair maka kita langsung laksanakan,"jelasnya.

 

Untuk kesiapan teknis lainnya kata Bustamin, semuanya sudah selesai dan tidak ada lagi kendala.

 

"Seperti kesiapan logistik semuanya sudah siap, tinggal dua item itu,"tandasnya.

 

Menurut mantan kepala BPBD Halsel itu, desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak gelombang kedua ini awalnya berjumlah 70 desa. Hanya saja dua desa yang sebelumnya bermasalah seperti desa Geti Lama Bacan Barat Utara yang kadesnya tersandung masalah hukum itu telah selesai dan sudah ada putusan pengadilan sehingga tidak lagi dilakukan Pilkades ulang tapi kades terpilihnya tinggal dilantik. 


Begitu juga desa Kukupang Kecamatan Pulau Joronga yang kades terpilihnya meninggal dunia yang itu kemudian tidak perlu dilakukan pemilihan ulang, cukup dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

 

"Makanya yang akan melaksanakan Pilkades serentak itu tinggal 68 desa saja karena dua desa sudah selesai,"tandasnya. (Iron)