Tue,16 October 2018


Mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Matematika UAD Ikuti Seminar Internasional di UTHM Malaysia

Indofakta 2018-08-14 08:55:01 Edukasi
 Mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Matematika UAD Ikuti Seminar Internasional di UTHM Malaysia

KUALA LUMPUR  -- Sebanyak 17 mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada 14 Agustus 2018 mempresentasikan paper di 4th International Conference on the Application of Science and Mathematics (Sciemathic) yang dilaksanakan di Faculty of Applied Science and Technology (FAST) Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Jl Kluang 86400 Parit Raja, Batu Pahat, Johor Malaysia.

Seminar internasional yang membahas diversity towards sustainability ini, dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 13-14 Agustus 2018 diikuti 17 mahasiswa dan didampingi Kaprodi Magister Pendidikan Matematika, Dr. Suparman, M.Si, DEA, dosen pendamping Dr. Andriyani M.Si, dan dosen dari Strata Satu Pendidikan Matematika UAD: Syariful Fahmi, M.Pd dan Farid Setyawan, M.Pd. 

Seperti dijelaskan Dr Suparman, M.Si, DEA, seminar ini merupakan kerjasama UTHM dengan UAD Yogyakarta serta Institut Teknologi Surabaya (ITS). "Adapun peserta seminar internasional ini adalah dari berbagai negara dengan 152 pemakalah," kata Dr. Suparman, M.Si, DEA, Selasa (14/8/2018).

Kaprodi Magister Pendidikan Matematika UAD Yogyakarta itu juga mengemukakan, selain mengikuti seminar internasional, mahasiswa itu juga melakukan students mobility yang dimulai dari Singapore, Kampus UTHM Johor, Melaka serta berujung di Kuala Lumpur pada tanggal 11-16 Agustus 2018.

Pada kesempatan itu, Dr. Suparman, juga memaparkan bahwa artikel mahasiswa dan dosen yang dipresentasikan akan diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi terindek Scopus. 

Kegiatan ini juga melatih kemampuan mahasiswa Magister Pendidikan Matematika UAD Yogyakarta dalam mempraktikkan kemampuan bahasa Inggrisnya. "Juga melatih kepercayaan diri mahasiswa dan menambah wawasan akan globalisasi," tandas Suparman, yang menambahkan seminar internasional ini juga sebagai bagian dari implementasi MoU antara UAD dengan UTHM. 

Dijelaskan Dr Suparman, kegiatan ini juga membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tesisnya. "Dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa semester dua dan semester tiga," papar Suparman lagi. 

Sementara itu, salah satu mahasiswa semester 2, Aulia Fonda, mengatakan, dirinya sangat bersyukur bisa mengikuti seminar internasional ini. "Selain menambah wawasan, juga bisa memperdalam pengetahuan akan pendidikan matematika dari sudut pandang lebih luas di era revolusi industri 4.0," kata Fonda, yang menambahkan hal ini adalah pengalaman pertama baginya dalam melaksanakan presentasi paper di luar negeri. 

Pada kesempatan itu, Aulia Fonda berterima kasih kepada program studi Magister Pendidikan Matematika UAD Yogyakarta, yang setiap semester selalu menyelenggarakan student mobility ke luar negeri. (Affan)

Berita Terkait