Pencarian Berita


RDC UAD Gelar Interline Roboline Contest #5 Tahun 2018

 RDC UAD Gelar Interline Roboline Contest #5 Tahun 2018

YOGYAKARTA -- Makin banyak anggotanya, makin banyak produknya dan makin variatif, saya yakin makin bagus. "Tapi, itu tidak cukup. Karena di luar sana perguruan tinggi lain juga terus meningkatkan performance membidik bidang kegiatan mahasiswa yang strategis untuk dapat meningkatkan citra lembaga di tingkat nasional dan internasional," kata Danang Sukantar, MPd,  Kabid Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Biro Kemahasiswaan dan Alumni UAD Yogyakarta, yang berharap untuk jangan cepat puas, dan harus terus bekerja keras, cerdas, ikhlas, penuh integritas, menjaga sinergitas dan kualitas.

Bagi Danang, apa pun hasilnya yang penting proses berjalan dengan baik, belajar dan terus belajar. "Jalin komunikasi yang baik dengan dosen dan para senior sebagai partner untuk bertukar pikiran di bidang teknologi robotika," papar Danang Sukantar dalam acara Interline Roboline Contest #5 tahun 2018 yang digelar di Auditorium Kampus 3 UAD, Jl Prof Dr Soepomo Janturan, Yogyakarta, Ahad (12/8/2018).

Sementara itu, Dody Kurniawan, Ketua Panitia IRC ke-5, menjelaskan, secara rutin tim robot adakan seleksi mega project dan lomba internal line follower sekaligus mengasah mental anggota baru maupun senior untuk hadapi lomba-lomba di luar kampus, terutama Kontes Robot Indonesia (KRI), yang kali ini diikuti 14 tim dari Prodi Teknik Elektro dan personal 2 orang dari Teknik Industri ikuti kategori basic dan 13 tim ikuti kategori expert.

Mega project merupakan kegiatan teknologi inovasi yang dihasilkan oleh para anggota baru RDC. Selain itu, memperkenalkan hasil inovasi teknologi terbaru sehingga banyak inspirasi yang didapatkan dari ajang ini.

"Melalui kegiatan ini, kami juga mengasah kemampuan anggota baru sehingga ke depannya mereka akan mudah belajar dan dapat meneruskan kesuksesan dari generasi-generasi sebelumnya," kata Dody Kurniawan.

Internal Roboline Contest adalah ajang kontes robot line follower yang diadakan setiap tahun oleh RDC untuk mengasah kemampuan anggota dalam merakit dan menjalankan robot mereka sendiri.

Selain itu, ajang ini juga digunakan sebagai seleksi internal RDC sebelum mengikuti kontes robot tingkat regional maupun nasional yang sudah berlangsung sejak 2012 lalu.

Internal Roboline Contest juga merupakan kontes robot line follower internal Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta terdiri dari 2 kategori: kategori basic dan kategori umum (expert).

Robotic Development Community (RDC) merupakan Kelompok Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UAD Yogyakarta.

Memiliki tujuan untuk mengasah para anggota baru, guna menciptakan project secara mandiri. Di samping itu mengenalkan inovasi tepat guna bagi masyarakat dan salah satu syarat utama untuk menjadi anggota baru Tim Robot UAD. 

Diikuti mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro dan mahasiswa lintas prodi, RDC fokus pada kegiatan kemahasiswaan seperti perancangan, pemrograman dan pembuatan robot, baik untuk aplikasi industri maupun berskala modul praktikum kendali.

Juga bertujuan meningkatkan kemampuan diri semua anggota komunitas ini agar memiliki kompetensi di bidang mikrokontroler, mekatronika, desain sistem elektronika analog dan digital dan embedded system (FPGA & ASIC) untuk mendevelop robot.

Selama ini, telah aktif berpartisipasi dalam berbagai event di antaranya kontes robot lokal, regional, maupun nasional: KRI, KRCI dan KRSI. Dan telah meraih berbagai prestasi nasional maupun internasional. (Affan)