Sepanjang 3000 Meter Bendera Merah Putih dibentangkan di ruas Jalan Ca

 Wed,15 August 2018


Sepanjang 3000 Meter Bendera Merah Putih dibentangkan di ruas Jalan Cadas Pangeran

Indofakta 2018-08-10 18:09:14 Daerah
Sepanjang 3000 Meter Bendera Merah Putih dibentangkan di ruas Jalan Cadas Pangeran

SUMEDANG -- Bendera merah putih sepanjang 3000 meter dibentangkan di sepanjang ruas jalan Cadas Pangeran, Jum'at (10/08/2018). Kegiatan yang diinisiasi Polres Sumedang dengan melibatkan ratusan anggota TNI Polri ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-73.

Tampak dalam kesempatan tersebut Penjabat Bupati Sumedang Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo S.I.K, M.H, Dandim 0610 Sumedang Letnan Kolonel Arm I Made Mertha Yasa S.Sos beserta jajaran anggota TNI Polri bahu-membahu membentangkan bendera merah putih mulai dari awal masuk Cadas Pangeran sampai dengan ujung jalan cadas pangeran. 

Penjabat Bupati Sumedang Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu bentuk semangat kebersamaan antara TNI, Polri, Pemerintah daerah dan seluruh masyarakat dalam memperingati kemerdekaan RI yang ke-73. lebih lanjut Sumarwan mengatakan, dipilihnya Cadas pangeran sebagai lokasi kegiatan karena  Cadas pangeran merupakan ikon Jawa Barat dan ikon khusus dari Kabupaten Sumedang.

“Kalau disebut Cadas Pangeran maka akan ingat Sumedang. Dipilihnya Cadas Pangeran ini kita tahu bahwa ada unsur sejarah perjuangan nenek moyang kita yang telah membuat jalan ini yang sampai sekarang manfaatnya sangat tinggi dan dapat kita rasakan. Cadas pangeran merupakan urat nadi perekonomian di Jawa Barat dan sampai saat ini belum ada pengganti akses jalan Cadas Pangeran.” ucapnya.

Sumarwan menambahkan, terkait seringnya kecelakaan di seputar jalur lintasan cadas pangeran, dirinya mengharapkan para pengguna jalan agar semakin waspada dan berhati-hati.

“Cadas Pangeran ini sering terjadi kecelakan lalu lintas, dengan pemasangan bendera merah putih sejauh 3 km, mulai dari masuk Cadas Pangeran sampai ujung Cadas Pangeran, bendera merah putih dibentangkan diharapkan para pengguna jalan semakin waspada dan tidak ngebut, artinya dapat memberikan perhatian yang khusus dalam menggunakan jalan ini.” pungkasnya.

Senada apa yang disampaikan Sumarwan, Kapolres Sumedang  AKBP Hartoyo dalam kesempatan tersebut mengatakan, latar belakang dipilihnya Cadas pangeran sebagai lokasi kegiatan karena unsur historis yang sangat kental dengan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Seperti yang disampaikan Bupati, ada unsur historis yang sangat kental dengan perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia di Cadas Pangeran ini, sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa wajib menghargai itu. Wujud kita menghargai jasa para pahlawan adalah membentangkan merah putih sejauh 3 km diseputar ruas jalan cadas pangeran. Kemudian lebih jauh, kegiatan ini juga kita lakukan dalam rangka menyambut Asean Games yang ke-18 dengan semangat nasionalisme tinggi kita dukung tim dan atlet-atlet yang akan bertarung pada tanggal 18 agustus” Ungkap kapolres.(hms/rls)

Berita Terkait