2 Pencuri Lembu Diciduk Polisi

 Sat,18 August 2018


2 Pencuri Lembu Diciduk Polisi

Indofakta 2018-08-07 20:25:10 Daerah
2 Pencuri Lembu Diciduk Polisi

SIMALUNGUN -- Curi lembu betina putih milik tetangga kampungnya, dua pelaku berhasil diciduk Petugas Polsek Perdagangan dari Simpang Bandar Masilam II, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, Senin (6/8) sekira Jam 09.00 wib.

   

Kedua pelaku berinisial AR (34) warga Simpang Kulon Huta I, Nagori Bandar Masilam II dan MY (20) warga Huta II, Nagori Bandar Gunung Kecamatan Bandar Masilam.

   

Sementara dua pelaku lagi yakni PG (42) dan DI (40) warga Serdang Bedagai (Sergai) masih dilakukan pemburuan atau terdaftar sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

   

Penangkapan tersebut awalnya Kapolsek Perdagangan, AKP Daniel Artasasta Tambunan SH, SIK mendapat informasi bahwa salah satu pelaku pencuri lembu betina berinisial AR sedang berada di Nagori Bandar Masilam II.

 

Yang diketahui bahwa Pelaku  telah mencuri satu ekor lembu betina milik korban Nasib Saputra (53) warga Huta III Sauhur, Nagori Bandar Masilam II dari kandang lembu di belakang rumahnya, Minggu (15/7) sekira jam 04.00 wib. 

   

Mendengar hal itu, Kapolsek langsung memerintahkan Kanit Reskrim, Iptu Zikri Muamar SIK bersama anggota segera ke lokasi yang dimaksud mengecek kebenaran informasi tersebut.               Dalam penyidikan, ternyata benar pelaku berada di Kampung Kulon, tanpa butuh waktu lama, pelaku berhasil diciduk

   

Saat diinterogasi, Pelaku mengakui tidak hanya seorang diri mencuri bahkan bersama tiga orang temannya, MY, PG dan DI.

 

Ketepatan MY masih tinggal disekitar TKP, kemudian petugas melakukan pengembangan dengan membawa pelau AR ketempat nongkrong MY.

 

Dalam pengintaian, petugas melihat Pelaku MY sedang berada di Simpang Kulon,dengan moment yang pas Petugas langsung meringkus MY dan mengakui perbuatannya.

 

Atas Untuk perbuatannya maka kedua pelaku langsung diboyong ke komando agar dilakukan proses pemeriksaan guna melengkapi data penyidikan.

 

Sebelumnya, kejadian pencurian tersebut terjadi Minggu (15/7) sekira Jam 04.00 wib, ketika korban hendak memberikan rumput makan ternak lembu miliknya ke kandang yang terletak dibelakang rumah korban.

 

Ternyata korban melihat bahwa satu ekor lembu miliknya sudah tidak ada lagi di kandangnya.

 

Selanjutnya korban memberitahu kepada saksi-saksi dan melakukan pencarian dan korban melihat adanya bekas jejak kaki lembu dari belakang rumahnya menuju ke perladangan ubi yang berjarak sekitar 400 meter.

   

Di lokasi tersebut juga ditemukan bekas ban mobil di lokasi perladangan ubi yang diduga sebagai tempat untuk mengangkut lembu tersebut.

   

Kemudian sekira Jam 06.00 wib saksi-saksi memberitahu kepada korban melalui handphone bahwa saksi-saksi tersebut sudah melakukan pengejaran dan menghadang satu unit mobil Daihatsu Pick-up Grand Max BK 8061 VV yang membawa lembu milik korban tersebut di Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai menuju arah Kota Medan.

 

Selanjutnya para saksi membawa dan mengamankan mobil pick-up Grand Max warna hitam bersama satu ekor lembu betina milik korban tersebut ke Polsek Firdaus.

 

Namun supir mobil pick-up Grand Max tersebut sempat melarikan diri dan tidak diketahui nama serta identitasnya.

 

Pada saat itu Unit Reskrim dari Polsek Perdagangan melakukan koordinasi dengan Polsek Firdaus utk mengamankan BB berupa satu ekor lembu betina dan mobil pick-up Grand Max untuk dibawa ke Mapolsek Perdagangan.

 

Kapolsek Perdagangan, AKP Daniel Artasasta Tambunan, SH, SIK saat dikonfirmasi melalui selulernya, Selasa (7/8) sekira Jam 09.00 wib, membenarkan penangkapan kedua pencuri lembu betina tersebut.

   

"Ya benar, kita menangkap kedua pelaku berkat informasi dari masyarakat. Kedua pelaku masih diproses di Polsek Perdagangan dan kita akan melakukan pengembangan untuk mengungkap dua pelaku lainya. Atas perbuatannya maka kedua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian,"singkat perwira balok tiga emas di pundaknya itu. (Gir)

 

Berita Terkait