Ajak Anak-Cucu Lestarikan Seni Tari, Museum Simalungun Buka Belajar Ta

 Wed,15 August 2018


Ajak Anak-Cucu Lestarikan Seni Tari, Museum Simalungun Buka Belajar Tari

Indofakta 2018-08-04 06:50:31 Daerah
Ajak Anak-Cucu Lestarikan Seni Tari, Museum Simalungun Buka Belajar Tari

SIANTAR -- Lestarikan Seni tari, Museum Simalungun ajak anak-anak TK hingga Mahasiswa belajar tortor Simalungun dan memainkan musik tradisional.

   

Dalam kehidupan modern sekarang ini, kebudayaan seni tradisional Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan perubahan yang sangat cepat dan kadang-kadang kehadirannya sulit diprediksikan.

  

Sehingga menuntut organisasi untuk memiliki kemampuan terhadap berbagai kemungkinan sebagai konsekuensi dan adanya perubahan, bentuk adaptasinya melalui berdirinya sanggar seni.

   

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Yayasan Museum Simalungun, Drs Jomen purba saat dikonfirmasi di Aula Museum Simalungun, tempat latihan tari Simalungun, Kota Siantar, Jumat (3/8) sekira jam 14.00 wib.

   

“Dengan adanya gagasan tersebut, maka dibentuklah sanggar seni yang bernama Sanggar tari Haroan Bolon, tujuannya melestraikan nilai-nilai seni dan budaya pada anak didik dengan cara mengajarkan seni tari dan musik yang sesuai dengan bakat anak didik khususnya di daerah Kabupaten Simalungun dan kota Pematangsiantar,”ujarnya.

   

Masih Drs Jomen Purba menerangkan bahwa Visi sanggar tersebut untuk mewujudkan generasi muda yang berbudaya, mandiri, kreatif, inovatif dan memiliki keahlian dibidang seni tari serta membentuk pribadi yang percaya diri, sehingga memiliki kesiapan yang optimal untuk menggapai dan meraih masa depan.

  

 “Maksudnya untuk meningkatkan kreativitas para anggota sanggar tari haroan bolon untuk menggali potensi bakat yang dimiliki lebih maju dan berkembang.

 

Menumbuhkan dan memupuk cinta budaya nusantara, berkesenian dimulai dari lingkungan sendiri sehingga bias dan lestari di negeri sendiri,”terangnya.

   

Lanjut Jomen Purba menyampaikan untuk menggapai hal itu maka perlu melakukan pengabdian masyarakat melalui seni dan memberikan pendidikan keterampilan kepada anak-anak murid TK,SD,SMP,SMA, Mahasiswa dan umum.

   

“Sanggar Tari Haroan Bolon ini diketuai oleh Jamin Purba SPd, SMn sudah berdiri 2 tahun yang lalu dan sudah memilik puluhan anggota, latihannya 2 kali dalam seminggu, dilaksanakan waktu pulang sekolah, sehingga anak-anak tidak membuang waktunya dengan sia-sia, tetapi mampu mengantikan proses belajarnya di Sanggar Seni Haroan Bolon,”pungkasnya.(Gir)

 

 

Berita Terkait